oleh

Abid Aqila Pranaja Penderita Hidrosefalus Butuh Bantuan

Realita Lampung – Abid Aqila Pranaja usia 3,5 tahun putra dari Hasbuna bersama Reni Guspinaria warga Dusun III Pekon Banjar Manis, Kecamatan Gisting, Kabupaten Tanggamus menderita sakit hidrosefalus membutuhkan bantuan dari donatur untuk biaya berobat.

Abid Aqila Pranaja menderita sakit hidrosefalus, hidrosefalus adalah keadaan di mana otak dipenuhi oleh cairan bernama serebrospinal yang menyebabkan tekanan pada otak.

Dalam keadaan normal, cairan serebrospinal akan mengalir melalui ventrikel kemudian terserap menuju aliran darah. Jika alirannya terhalang, cairan tadi akan terkumpul di otak.

Jumlah cairan yang banyak ini akan memberikan tekanan yang besar pula pada otak sehingga otak tidak bisa melaksanakan tugasnya dengan baik.

Hal inilah yang dialami oleh Abid Aqila Pranaja, saat ini Abid sangat membutuhkan uluran tangan dari para dermawan, karena Aqila ini sedang menderita sakit yang oleh dokter di diagnosa penyakit hidrosefalus atau tumor otak yang harus segera di operasi.

Menurut kedua orang tuanya, Abid akan menjalani operasinya di RS Cipto MK, Jakarta, diketahui Hasbuna dan keluarga tercatat sebagai penerima bantuan Iuran (PBI) BPJS Kesehatan dan program BST Kemensos dan profesi sehari-harinya Hasbuna berjualan ikan keliling yang hasilnya hanya cukup untuk memenuhi keperluan makan sehari-hari.

Disampaikan Hasbuna, awal mulanya anaknya jatuh lalu dibawanya berobat di RS Mitra Husada Pringsewu dan setelah diperiksa dokter dan di scan hasilnya Abud dinyatakan sakit tumor otak.

“Kata dokter anak saya ada tumor di kepala dan ada cairan, sementara dengan dokter dianjurkan untuk operasi,” ungkap Hasbuna.

Mendapatkan hasil itu, lanjutnya, sambil berfikir saya harus musyawarah dengan keluarga, karena untuk operasi membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Sedangkan operasinya disarankan di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo Jakarta, sedangkan saya usahanya jualan ikan keliling untuk mencukupi kebutuhan, tetapi untuk sementara ini pengobatannya terapi, ujarnya.

Menindaklanjuti kabar adanya warga yang sakit tersebut Bupati Tanggamus pernah melakukan kegiatan kunjungan pada (13/01/2021) dan melihat kondisi balita yang mengalami penyakit tumor tersebut.

Pada kesempatan itu Bupati Tanggamus menuturkan, “Mari semua kita mendoakan agar ananda Abid diberikan kesembuhan oleh Allah SWT. Meskipun secara medis penyakit ananda Abid sulit ditangani, namun menurut Bupati tidak ada yang tidak mungkin bagi Allah.

Kita sama sama mendoakan, karena kita semua yakin, tidak ada yang tidak mungkin jika Allah menghendaki. Mudah mudahan ada mukzizat yang akan diberikan, sehingga ananda Abid akan membaik kondisinya serta pulih seperti harapan kita semua, kata Bupati.

Dalam kesempatan itu, Bupati juga menyerahkan bantuan kepada keluarga Hasbuna, guna membantu meringankan beban keluarganya, zaat ini Abid Aqila Pranaja di rawat dirumahnya karena keluarganya tidak ada dana untuk membiayai pengobatan Abid Aqila Pranaja dirumah sakit.

Untuk kita ketahui bersama, Tanda-Tanda Fisik Balita (Bayi Di Bawah Tiga Tahun) & Anak-Anak yang terkena gejala Hidrosefalus adalah :
• Sakit kepala.
• Pandangan kabur atau menjadi ganda.
• Mata juling ke bawah.
• Perbesaran tidak normal pada kepala batita.
• Mudah mengantuk dan lesu.
• Mual atau muntah-muntah.
• Punya masalah dengan keseimbangan tubuh.
• Koordinasi tubuh yang buruk.
• Nafsu makan yang buruk.
• Kejang-kejang.
• Inkontinensia urine (berkurangnya kemampuan untuk menahan kencing).
Perubahan Kognitif dan Perilaku yang sering terjadi :
• Mudah marah.
• Berubah sifat.
• Menolak.
• Masalah pada keterampilan berjalan dan berbicara.

Mari kita saling bergandengan tangan untuk menyisihkan sebagian rezeki kita utk membantu adek Abid Aqila Pranaja sehingga ia dapat di rawat dan dioperasi oleh tim dokter dan tenaga medis akan menanamkan sebuah tabung kecil bernama shunt ke dalam otak.

Kelebihan cairan serebospinal di otak akan mengalir melalui shunt ke area lain dalam tubuh, biasanya perut sehingga Abid Aqila Pranaja akan sembuh dan menjalani kehidupannya sebagaimana layaknya anak usia Abid Aqila Pranaja dan menjadi anak yang akan mampu dan menjadi kebanggaan keluarga, masyarakat, nusa dan bangsa.

Bagi masyarakat yang ingin berodnasi kepada Abid Aqila Pranaja bisa konfirmasi ke orang tuanya melalui nomor telepon +62 821-7877-2544. (Tim AJO Indoensia)

Komentar

Realita Lampung