oleh

Dinkes Tubaba Fokus Brantas Sarang dan Jentik Nyamuk Dengue Penyebab DBD

Realita Lampung – Dinas Kesehatan Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) mengantisipasi adanya nyamuk Dengue pembawa Virus Demam Berdarah (DBD), mengingat saat ini adalah musim penghujan.

Mega Fitria S.Kep Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan setempat saat diwawancarai wartawan dikantornya mengatakan, upaya menekan adanya penyakit DBD dengan berkoordinasi kepada seluruh Puskesmas di setiap wilayah.

“Kita selalu koordinasi dengan Puskesmas. Upaya yang terpenting iyalah memberantas sarang dan jentik nyamuk di setiap genangan air,” ujarnya Selasa, 26 Januari, 2020.

Menurut Mega Fitria, Awal mula masyarakat yang terkena DBD adalah bukan karena adanya nyamuk dengue, melainkan adanya virus.

“Jadi jika di suatu wilayah ada nyamuk dengue aedes aegypti yang menyerang warga namun tidak ada virusnya, maka dia tidak akan terjadi DBD. Tapi jika ada satu orang saja yang digigit nyamuk dengue aedes aegypti dan ada virusnya, dikawatirkan dia terkena DBD, dari situlah dapat menyebar luas di wilayah itu,” jelas Kabid P2P didampingi Sekertarisnya Eka Riana.

Oleh sebab itu, dia menghimbau masyarakat untuk menerapkan metode 3M, yaitu Menguras tempat penampungan air, Menutup tempat genangan air dan Mengubur barang-barang yang dapat menggenangi air.

“Jadi diupayakan untuk tidak ada air tergenang, untuk mencegah adanya nyamuk dengue aedes aegypti,” harapnya pada masyarakat. (JL/Red)

Komentar

Realita Lampung