oleh

Kreatif dan Menginspirasi, Pemuda Lampung Utara Berhasil Ciptakan Mesin Olahan Makan

Realita Lampung – Termotivasi dari ayah seorang pemuda lulusan STM dan tinggal di daerah Kelurahan Tanjung Aman, Kecamatan Kotabumi, Kabupaten Lampung Utara, Provinsi Lampung berhasil menciptakan mesin seblak dan basreng untuk memproduksi kerupuk.

Menurut Wawan Kuswanto yang saat ini telah berusia 37 tahun tersebut, dirinya mem[unyai gagasan untuk merakit mesin pembuat makanan ringan seblak dan basreng serta kerupuk itu termotivasi dari sang ayah yang prihatin atas banyaknya masyarakat home industri olah kerupuk da makanan ringan lainnyaharus mendatangkan mesin dari luar daerah Lampung.

Dia menuturkan, dirinya menggagas pembuatan mesin produksi seblak dan basreng itu dibantu oleh sang ayahnya. Atas keprihatinannya dengan kondisi sang ayah, juga berpengaruh pada harga, kecepatan proses produksi produk olahan yang dihasilkan pun lebih lambat dan jika diproduksikan memakai mesin olahanya sendiri akan lebih maksimal.

“Kebetulan ayah saya dulu usahanya home industri kerupuk, yang mengandalkan teknik manual, dari sana saya mulai berpikir dan terinspirasi untuk membuat mesin alat,” kata Wawan.

Lanjutnya, di masa pandemi covid-19 ini, dia mencoba peruntungannya untuk memulai usaha home industri pembuatan seblak, basreng dan kerupuk dan menurutnya akan dipasarkan di Lampung Utara bahkan sampai kabupaten tetangga.

“Usaha orang tua saya kan sudah empat tahunan berhenti, jadi sekarang saya yang akan mulainya dengan mencoba merakit mesin sendiri untuk menekan modal agar tidak terlalu besar,” ujarnya.

‘Pemerintah Perhatikan Tuh, Karya Anak Bangsa’

Wawan berharap Pemerintah khususnya Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Daerah Lampung Utara bisa lebih perduli kepada para pelaku home industri yang ada di daerah. Karena menurutnya jika industri di Lampung Utara khususnya bisa maju otomatis perekonomian masyarakat yang ada di Kabupaten Lampung Utara akan mampu mengeliat naik atau meningkat. (Eng/In)

Komentar

Realita Lampung