oleh

Sosialisasi Program PTSL Menunggu Rekomendasi Ketua Satgas

Realita Lampung – Meneruskan pelaksanaan program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) Agraria dan Tata Ruang Badan Pertanahan Nasional (ART/BPN) Lampung Utara masih menunggu hasil koordinasi dengan Ketua Tim Satgas Covid-19.

Kepala Kantor Pertanahan Lampung Utara, Eko Priyanggodo, A.Ptnh, MH, melalui Kasubag TU ART/BPN Lampung Utara, Noegroho Wasono A mengatakan, dalam pelaksanaan penerbitan sertifikat melalui program PTSL tahun 2021 ini sedang dalam perencanaan untuk sosialisasi kepada masyarakat calon peserta dalam program PTSL.

“Tahun 2021 ini ada 34 desa yang akan menjadi sasaran program PTSL, karena sebagain besar di tahun 2020 lalu tidak bisa dilanjutkan dan akan dilanjutkan di tahun 2021 ini,” ujarnya, Selasa 2 Febuari 2021.

Ke 34 desa yang akan mendapatkan program tersebut, lanjutnya, tersebara di beberapa kecamatan se-Kabupaten Lampung Utara dan sosialisasinya ditargetkan pada bulan ini sudah terlaksana.

“Sosialisasi rencana langsung ke desa yang dilakukan di kecamatan dan peserta akan di undang karena untuk langsung ke desa-desa akan mmemakan waktu yang lama, ini akan dilaksanakan untuk desa-desa yang menjadi target program PTSL, tapi masih menunggu hasil koordinasi dengan Ketua Tim Satgas ya itu Bupati,” ujarnya.

Dalam kegiatan sosialisasi program tersebut, sambungnya, pihaknya BPN akan mengikutkan sebagai narasumber dari Kejaksaan, Kepolisian sebagai pemberi materi sosialisasinya. Untuk isi sosialisasi diantaranya tentang syarat-syarat pembuatan sertifikat. “Target tahun ini 18,525 bidang, di bulan Febuari ini sudah harus terlaksananya sosialisasi,” lanjutnya.

Sebelumnya, Kepala Kantor Pertanahan Lampung Utara, pada acara sosialisasi tahun 2020 lalu mengungkapkan, pelaksanaan PTSL di Kabupaten Lampung Utara telah berjalan mulai dari tahun 2017 lalu dan sampai dengan sekarang telah diterbitkan sebanyak 80.612 bidang. Jumlah bidang tanah yang ada di Kabupaten Lampung Utara, jelasnya, sebanyak 355.529 bidang dan telah diterbitkan sertifikat sebanyak 277.704 bidang, sampai dengan saat ini masih tersisa 77.825 bidang lagi, dan itu akan diselesaikan melalui program PTSL sampai dengan tahun 2023 mendatang. (SN/Red)

Komentar

Realita Lampung