oleh

Sekda Minta Pengurus Masjid Perketat Protokol Kesehatan

Realita Lampung – Sekertaris Daerah Kabupaten Lampung Tengah minta pengurus Masjid Agung Istiqlal Bandar Jaya untuk terus memperketat protokol kesehatan kepada para jamaah.

Imbauan itu disampaikan Sekda Nirlan, SH, MM, sesaat sebelum pelaksanaan sholat jumat berjamaah yang didampingi Kabag Kesra, Hi. Sunardi, Jumat 5 Februari 2021.

Demikian disampaikan, Nirlan Masjid Agung Istiqlal yang keberadaannya di sekitaran Jalan Lintas Sumatra, tepatnya di Bandar Jaya Barat, Lampung Tengah dan di depan pusat perbelanjaan Plaza Bandar Jaya adalah masjid terbesar yang ada di Kabupaten Lampung Tengah, tentunya jumlah jamaah memuat jumlah terbanyak.

Jamaah yang melakukan sholat tidak hanya warga setempat namun ada juga warga dari berbagai daerah yang melintas dan melaksanakan sholat di Masjid Agung Istiqlal tersebut.

Karena kondisi masih dalam pandemi covid-19 ini, lanjut Sekda Nirlan, dia meminta kepada pengurus Masjid Agung Istiqlal Bandar Jaya untuk menerapkan protokol kesehatan dan menghimbau kepada para jamaah yang akan melaksanakan sholat di Masjid itu agar menggunakan masker dan menjaga jarak atau shaf sholat.

Ini bertujuan untuk menghindari menyebarnya wabah virus corona, mengingat saat ini banyak warga yang terpapar virus corona dari orang tanpa Gejala (OTG), bila warga yang pisik atau imun tubuhnya kuat tentu akan akan aman, namun bagi warga yang imun atau konsisi badannya tidak kuat, maka dengan mudah virus corona akan berjangkit ditubuhnya, papar Nirlan.

Oleh karena itu, lanjutnya, usai sholat jumat dia meminta agar penerapan protokol kesehatan harus di tegakaan, bila melihat kondisi yang ada saat ini, Nirlan yakin akan banyak jamaah yang terpapar virus corona bila tidak mematuhi protocol kesehatan, terlebih masih adanya karpet yang permanen dan tidak ada pembatas antara jamah satu dengan yang lainnya atau shaf.

“Inilah tugas pemerintah dalam melindungi warganya agar tidak terjangkit wabah virus corona, meski berat, tapi demi kebaikan bersama protokol kesehatan di Masjid ini harus ditegakan,” ujarnya.

Mengingat hingga saat ini, sambungnya, warga Lampung Tengah yang terpapar virus corona sudah lebih dari 1.400 orang, bahkan hampir 20 orang setiap harinya yang harus di rawat dan di isolasi di Rumah Sakit Demang Sepulau Raya dan di Rumah Sakit swasta lainnya, karena terpapar virus corona.

Usai memberikan arahan, Sekertaris Daerah Nirlan, SH, MM, menyerahkan bantuan kepada pengurus Masjid, untuk mengganti karpet yang terbuat dari bahan kain yang ada saat ini dan pemberian tanda pembatas atau shaf bagi jamaah di Masjid tersebut. (A Basuri)

Komentar

Realita Lampung