oleh

ASN Tersandung Hukum Sekda Serahkan ke Polisi

Realita Lampung – Menjawab pertanyaan publik yang dipertanyakan para wartawan mengenai sikap Pemerintah Daerah Kabupaten Lampug Utara dalam menyikapi adanya oknum-oknum Aparatur Sipil Negara (ASN) yang diduga tersandung pelanggaran hukum Sekretaris Daerah (Sekda) dengan tegas menyatakan menyerahkan proses masing-masing yang bersangkutan kepihak kepolisian.

Menurut Sekda Lampung Utara, Drs. H. Lekok, MM, mengenai ASN yang bertugas di masing-masing satuan kerja dan tengah dalam perjalanan proses Pemkab setempat menyerahkan semuanya kepihak hukum. Karena menurutnya ASN dalam tugasnya sudah dijelas dibebankan tentang tugas dan tanggungjawab selain itu juga memiliki norma-norma etika dalam mengemban amanahnya sebagai abdi negara.

“Untuk semua ASN yang bertugas dilingkup Pemkab Lampung Utara, sudah semestinya bekerja sesuai norma yang ada dan jangan melanggar hukum, dan itu jelas Undang-undangnya,” kata Lekok.

Diketahui sebelumnya, pihak kepolisian setempat (Polres Lampung Utara) telah melakukan penahanan terhadap salah seorang oknum ASN yang berinisial SW, karena diduga telah melakukan penipuan atas laporan korbannya warga Kota Alam, Kotabumi Selatan, Lampung Utara.

Disisi lain, Kanit Pidum Polres Lampung Utara, Ipda Anton Prabowo menjelaskan, untuk penahanan yang bersangkutan sementara ini hanya dikenai sangkaan perkara tipu gelap berdasarkan laporan dari korban. Sampai saat ini pihak kepolisian setempat masih terus melakukan pemeriksaan apakah ada keterlibatan pelaku lain dalam perkara tersebut.

“Guna mempertanggung jawabkan perbuatannya, pelaku dijerat dengan pasal 378 dan atau 372 KUHPidana dengan ancaman empat tahun penjara,” ujarnya.

Sebelumnya, seorang warga Kotabumi yang juga berstatus sebagai ASN dan masih aktif disalah satu instansi Pemerintah Kabupaten Lampung Utara telah ditangkap Satres Narkoba Polres Lampung Utara bersama tiga rekannya beserta sejumlah alat bukti narkoba jenis sabu.

Kabar atas penangkapan oknum ANS itu dibenarkan Kapolres Lampung Utara, AKBP Bambang Yudho M, SIK. M.Si, melalui Kasat Narkoba, Iptu Aris Sujatmiko, SIK, MH, yang dilakukan jajarannya pada Jumat (22/01/2021) lalu.

Menurut Kasat Narkoba Polres Lampung Utara oknum ASN tersebut berinisial ZN usia 41 tahun yang ditangkap atas kasus narkotika, oknum itu diamankan oleh tim opsnal Satresnarkoba pada Jumat (22/01/2021) lalu, sekira jam 16.00 WIB. Oknum itu ditangkap di tempat kejadian perkara (TKP) Skip Kompi Lama, Jalan Satria, Kelurahan Kota Alam, Kecamatan Kotabumi Selatan. (AN/RD)

Komentar

Realita Lampung