oleh

Penuhi Kebutuhan Masyarakat Pemdes Gunung Raya Bangun Jalan Peladangan

Realita Lampung – Memenuhi permintaan masyarakat Pemerintah Desa Gunung Raya, Kecamatan Marga Sekampung, Kabupaten Lampung Timur mengalokasikan pembangunan lapis penetrasi (Lapen) jalan peladangan.

Disampaikan Kepala Desa Desa Gunung Raya, Saleh Efendi pelaksanaan pembangunan jalan lapen itu bersumber dari dana desa dan itu sudah sesuai dengan kebutuhan masyarakat yang sebelumnya disampaikan pada saat musyawarah desa digelar yang diusulkan ke tingkat kecamatan dan disepakati untuk pembangunan jalan tersebut.

Menurutnya, jajaran Pemerintah Desa Gunung Raya mengalokasi pembangunan pengerasan jalan peladangan ini menggunakan aspal dan bersumber dari dana desa.

“Ini memberi unsur benefit (kemanfaatan) bagi warga desa. Karena dengan bagusnya jalan ini hasil panen bisa langsung di angkut tanpa harus melangsir,” kata Saleh Efendi.

Untuk tenaga kerja yang diberdayakan dalam pelaksanaan pembangunan jalan tersebut, lanjutnya, pihak Pemdes Gunung Raya adalah masyarakat sekitar desa (SDM Lokal). Hal itu dilakukan, karena manfaatnya juga dirasakan masyarakat setempat, secara tidak langsung perputaran uangnya dirasakan secara menyeluruh oleh masyarakat desa terlebih lagi ditengah pandemi seperti saat ini, paparnya.

Saleh Efendi juga menuturkan, menanggapi kabar adanya oknum yang telah yang menduga pihaknya mencari keuntungan dalam pelaksanaan pembangunan tersebut tidak lah benar adanya. Karena sumber itu tidak jelas selain itu gambar (fhoto) yang disebarkan itu juga di ambil dari depan jalan, yang keliahatan bercak dan itu adalah gorong-gorong yang sudah lama dibangun bukan yang baru dilaksanakan, jelasnya.

Terkait dengan bentuk bangunan, dia mengklaim sudah sesuai dengan rencana dan dijalankan atau dikerjakan oleh masyarakat yang mengetahui kualitas jalan yang dibangun bisa bertahan lama karena manfaatnya masyarakat itu lah yang merasakan. Jika pun ada kekurangan dan lainnya tentu ada pengawasnya dari pendamping desa dan PLD.

“Jika memang ada kesalahan teknisnya toh, kami ada atasan. Lagian yang bisa nyatakan salah tentunya yang ahlinya, toh ada PMD dan inspektorat. Jika salah akan dikoreksi dan dinyatakan saat monitoring,” ujarnya.

Terpisah salah seorang warga setempat menyatakan bahwa dengan di bangunnya jalan lapen peladangan itu dirinya mengaku banyak manfaatnya bagi mereka karena hasil panen merekapun harganya bisa ada peningkatan karena mudah untuk transportasi. Kalau sebelumnya banyak gerobak yang nyangkut (mater) sekarang sudah tidak diaragukan lagi, intinya sesuai harapan kami warga petani, ungkapnya. (Harun Al-Rasyid)

Komentar

Realita Lampung