oleh

Pelantikan Bupati Terpilih Menunggu SK Kemendagri, Sekda Menjadi Plt

Realita Lampung (Way Kanan) – Masa jabatan Bupati dan Wakil Bupati Way Kanan periode 2016 – 2021 akan berakhir 17 Februari 2021, dan Sekretaris Daerat akan mendapatkan mandat untuk menjadi pelaksana tugas (Plt).

Seyogyanya habis masa jabatan Bupati dan Wakil Bupati tersebut pemenang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak yang dilaksanakan tahun 2020 lalu sudah bisa dilantik setelah masa jabatannya selesai diperiode sebelumnya.

Namun, menurut informasi terbaru, pelantikan tersebut sepertinya tertunda karena belum adanya penetapan Surat Keputusan (SK) serta jadwal pelantikannya di Lampung. Kementerian Dalam Negeri merencanakan pelantikan kepala daerah terpilih pada akhir Februari 2020.

Untuk mengisi kekosongan jabatan kepala daerah yang habis akhir masa jabatan (AMJ), Sekretaris Daerah (Sekda) masing-masing kabupaten dan kota di Provinsi Lampung yang akan menjadi pelaksana tugas (Plt).

“Sejauh ini baru empat daerah yang diajukan Pemprov Lampung ke Pemerintah Pusat yakni Kota Metro, Kabupaten Lampung Timur, Kabupaten Pesawaran dan Kabupaten Way Kanan. Sisanya masih menunggu keputusan MK,” kata Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Provinsi Lampung, Zulfikar, didampingi Kepala Bagian Kabag Otda, Koharuddin, Selasa (16/2/2020).

Menanggapi hal tersebut, Bupati Way Kanan terpilih, Raden Adipati Surya mengatakan, akan mengikuti semua proses yang sedang berlangsung terkait pelantikannya dan Wakil Bupati Way Kanan terpilih Ali Rahman.

“Kita ikuti saja proses yang sedang berlangsung. Kapan akan dilantik kita serahkan kepada Kementerian Dalam Negeri dan Gubernur Lampung. Pada prisipnya kita menunggu saja,” ujarnya. (RD/*)
• Penulis : Sandi
• Editor : Sarnubi

Komentar

Realita Lampung