oleh

Kesejahteraan Guru, Disdikbud Siap Sampaikan Aspirasi Pendidik Ke Bupati

Realita Lampung (Lampura) – Dalam rangka mensinkronkan pelaksanaan program pengembangan pendidikan anak usia dini Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lampung Utara menggelar rapat koordinasi bersama perwakilan penilik dan siap menyampaikan aspirasi usulan PKG PAUD ke Bupati.

Rapat Koordinasi Pusat Kegiatan Gugus (PKG) pendidikan anak usia dini (PAUD) beserta Penilik Kabupaten Lampung Utara ini langsung dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lampung Utara, Mat Soleh didampingi Kabid Pembinaan PAUD dan PNF, Yeni Sulistina serta Kasi Sarana dan Prasarana Kelembagaan PAUD dan PNF, Irwansyah dan berlangsung di Desa Muara Dua, Kecamatan Abung Tinggi, Kamis 18 Februari 2021.

Dalam laporannya, Yeni Sulistina menyampaikan bahwa acara yang dilaksanakan dengan tujuan menjalin silaturahmi serta koordinasi dan sinkronisasi pelaksanaan program pengembangan pendidikan anak usia dini di Kabupaten Lampung Utara ini dihadiri oleh Ketua PKG PAUD dari 23 Kecamatan dan 10 orang Penilik.

Sebelum pandemi covid 19, kegiatan serupa dilakukan secara rutin minimal 3 bulan sekali, namun dikarenakan pandemi, maka rakor ini hanya dilaksanakan setiap 6 bulan sekali.

Pada kesempatan tersebut, Matsoleh selaku Kepala Dinas memberikan arahan terkait pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini sebagai jenjang pendidikan yang akan membentuk generasi emas yang akan datang, sehingga materi pembelajaran yang diberikan hendaknya lebih banyak kepada pendidikan karakter anak.

Keberhasilan generasi 20 tahun yang akan datang, ditentukan dari pendidikan yang diikuti oleh anak anak usia dini saat ini.
Jadi keberhasilan pendidikan anak usia dini belum dapat dilihat saat ini.

“Untuk itu, Saya berharap para pendidik PAUD harus dapat mengembangkan potensi dirinya guna memberikan pendidikan yang berkualitas pada anak usia dini saat ini. Satuan pendidikan harus mempunyai standar operasional prosedur dalam melaksanakan pembelajaran kepada anak anak sebagai acuan kompetensi inti dan kompetensi dasar yang harus dimiliki oleh anak usia dini yang telah menyelesaikan pendidikannya di PAUD,” ujar Mat Soleh.

Menjawab permintaan wali murid dan kepala sekolah PAUD agar anak anak PAUD bisa melaksanakan kegiatan belajar tatap muka, Mat Soleh menjelaskan bahwa Dinas Pendidikan masih terus berupaya mencari solusi terbaik agar semua peserta didik dapat belajar tatap muka yang diharapkan awal Maret 2021 anak anak kita bisa kembali bersekolah dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Pada kesempatan itu pula, Ketua IPI Kabupaten Lampung Utara, Mona, menyampaikan permohonan kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Utara melalui Kepala Dinas, agar dapat memberikan perhatian terkait kesejahteraan para pendidik dan tenaga kependidikan non formal yang ada di Kabupaten Lampung Utara, terutama untuk kesejahteraan guru PAUD dan Penilik yang tidak mendapatkan tunjangan profesi seperti halnya Pengawas Sekolah di pendidikan formal.

Menanggapi permohonan tersebut, Mat Soleh mengatakan, akan berusaha membantu memperjuangkan usulan tersebut dengan menugaskan Kepala Bidang yang membidangi untuk mempelajari secara menyeluruh agar dapat disampaikan pada Bupati Lampung Utara.

“Kami akan terus mengupayakan semua usulan kawan kawan agar dapat ditindaklanjuti segera sesuai dengan kemampuan daerah,” pungkasnya. (RD/*)

Komentar

Realita Lampung