oleh

Tiga WNA Asal Afrika Diamankan Pihak Imigrasi

Realita, Jakarta – Tiga warga asing diamankan pihak imigrasi karena tidak dapat menunjukan kodumen perjalanan dan diduga telah melebihi masa ijin tinggal (over stay departure) di Indonesia.

Ketiga warga asing itu diamankan pihak imigrasi di area Apartment wilayah Kemayoran, Jakarta Pusat, Senin (22/2/2021) lalu, ketiganya diketahui warga negara Afrika.

Ketiga WNA itu menurut Saffar M. Godam, diduga telah melanggar Undang-undang Nomor 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian dengan ancaman pidana 5 (lima) tahun penjara dan denda paling banyak Rp500.000.000 (lima ratus juta rupiah).

Dijelaskan Kepala Divisi Imigrasi Kanwil kementerian Hukum dan Ham DKI Jakarta itu, sebagaimana perintah Direktorat jendral Imigrasi untuk melakukan tugas dan fungsi Keimigrasian dalam hal Keamanan negara dan penegakan Hukum.

Terlebih di masa pandemi Covid-19 kebijakan Pemerintah dalam Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Perlintasan juga kegiatan orang Asing di wilayah kerja kantor Imigrasi Jakarta pusat tetap dilakukan pengawasan melalui kontrol ijin tinggal.

Seperti ditambahkan, Barron Ichsan Kepala UPT Kanim Non TPI Jakarta Pusat, didampingi stafnya Iqbal selaku Kepala Penindakan menjelaskan, tentang operasi pengawasan keimigrasian mandiri ini, ujarnya. (DP/Borneo H)

Komentar