oleh

Kampung Tangguh Nusantara Pekon Padang Haluan Diresmikan

Realita Lampung – Kampung Tangguh Nusantara (ktn) di pekon padang haluan kecamatan krui selatan kabupaten pesisir barat tahun 2021, diresmikan secara langsung oleh Plh Bupati Pesisir Barat (pesibar) N. Lingga Kusuma, Kamis (4/03/2021).

Dikatakan Lingga, terwujudnya kampung tangguh nusantara (ktn) di pekon padang haluan kecamatan krui selatan pada saat ini, tentunya dengan harapan dapat bersama-sama menghadapi era new normal dan mensejahterakan tarap hidup masyarakat khususnya para masa pandemu covid19 ini sesuai dengan surat kepolisian negara republik indonesia daerah lampung nomor : b/395/ii /ops.1.1./2021/ditbinmas, tanggal 19 februari 2021 tentang : permintaan data pemberlakuan-pemberlakuan kegiatan masyarakat (ppkm) mikro dan kampung tangguh usantara (ktn).

“Pandemi covid-19 di Indonesia masih belum selesai, dampak pandemi sangatlah mengganggu sistem pemerintahan dan seluruh pelayanan publik juga berdampak pada pelemahan ekonomi yang mengakibatkan turunnya harga komoditas yang ada”, ucapnya.

Maka atas permasalahan tersebut, lanjutnya, pemerintah telah mengambil kebijakan serta langkah-langkah untuk menuntaskan pandemi covid-19 ini, dimana salah satu langkah selain pemberian vaksinasi covid- 19 secara massal yang dilakukan secara bertahap.

“Upaya selanjutnya juga dilakukan, seperti pada pagi ini kita saksikan bersama pencanangan kampung tangguh nusantara yang merupakan sebagai tempat memberikan edukasi kepada masyarakat supaya tetap semangat ketika ditengah pandemi covid-19, terlebih disaat memasuki era new normal nanti, semua masyarakat harus mampu dan tetap semangat dengan kehidupan yang baru”, lanjutnya.

Untuk itu, fokus utama kampung tangguh nusantara adalah tangguh pada bidang kesehatan jasmani dan rohani, sosial ekonomi, keamanan, serta informasi dan kreativitas. Saat pandemi covid-19 seperti saat ini, kampung tangguh nusantara juga diharapkan dapat turut serta menertibkan masyarakat agar dapat mencegah penyebaran covid-19.

“Inovasi yang dilakukan ini sesuai dengan rekomendasi who bahwa penanganan covid-19 harus dapat melibatkan partisipasi aktif masyarakat, kampung tangguh dapat berbasis rt, rw, kelurahan maupun desa. kampung tangguh ini tentunya adalah suatu bentuk kearifan lokal yang akan membantu masyarakat melaksanakan edukasi protokol kesehatan covid-19”, pungkasnya.

Turut hadir dalam acara tersebut asisten I bidang pemeritahan dan kesejahteraan rakyat Audi Marpi, Spd.,MM, kapolres lampung barat pesisir barat AKBP.Rachmat Tri Haryadi.,Sik,MH. Perwakilan danramil Jumena, pejabat pimpinan tinggi pratama dan pejabat administrator dilingkungan pemerintah kabupaten pesisir barat, plt. camat krui selatan dan peratin pekon padang haluan.(MR/NP)

Komentar

Realita Lampung