oleh

Berwisata dan Belajar di Taman Kupu-kupu Gita Persada Lampung

Realita Lampung – Provinsi Lampung memiliki beragam destinasi wisata. Tidak hanya terkenal dengan keindahan pantainya, Lampung juga memiliki wisata taman tak kalah menarik.

Bila ingin berwisata sambil melihat dan mengenal berbagai spesies kupu-kupu, Taman Kupu-Kupu Gita Persada Lampung bisa menjadi pilihan tepat. Tempat ini adalah satu-satunya penangkaran kupu-kupu di Sumatera.

Di taman ini terdapat lebih dari 100 spesies Kupu-Kupu Sumatera, baik yang hidup bebas di area taman ataupun yang ada di penangkaran. Selain itu, taman ini juga memiliki 140-an koleksi kupu-kupu yang sudah diawetkan dari sejak tahun 1997.

Taman ini dikembangkan berdasarkan hasil penelitian yang menggunakan rekayasa habitat lahan yang tidak terpakai. Kemudian, dijadikan konservasi kupu-kupu.



Menurut pengelola, taman ini dijadikan konservasi kupu-kupu dan tumbuhan secara insitu. Maksudnya dengan cara menyiapkan makanan untuk kupu-kupu sehingga mereka datang sendiri.

Selain sebagai tempat rekreasi, Taman Kupu-Kupu Gita Persada juga dapat dijadikan sarana edukasi. Di sini pengunjung dapat mengenal dan mempelajari keanekaragaman jenis kupu-kupu khas Sumatera.

Tidak hanya itu, pengunjung juga bisa mengamati perilaku kupu-kupu dan melihat secara langsung metamorfosis, mulai dari telur sampai menjadi kupu-kupu dewasa. Menikmati warna sayap kupu-kupu yang beterbangan di alam pun akan sangat menyenangkan.

Pengunjung juga dapat bertandang ke museum kupu-kupu yang berbentuk rumah panggung dengan dinding dan lantai kayu. Di dalam museum, terdapat ratusan kupu-kupu yang sudah diawetkan.

Berbagai jenis kupu-kupu dengan corak cantik terjaga di dalam bingkai foto. Pada bagian bawahnya diberi keterangan singkat mengenai nama, habitat asli, dan tahun didapatkannya.


Museum ini juga dihiasi dengan beragam lukisan dan patung yang semuanya berbentuk kupu-kupu. Terdapat pula berbagai aksesoris yang dijual seperti gantungan kunci, kalung, cincin, hingga gelang dengan tema yang sama. Pengunjung yang berminat dapat membelinya sebagai souvenir.

Selain mengunjungi museum, juga dapat menelusuri penangkaran kupu-kupu. Pengunjung bisa melihat serangga cantik ini beterbangan dengan lincah dan hinggap di bunga-bunga. Beberapa jenis bunga sengaja ditanam untuk menarik kupu-kupu datang.

Setelah belajar tentang kupu-kupu, di taman ini pengunjung bisa mencoba spot foto instagramable berupa patung berbentuk sayap kupu-kupu. Selain itu, pengunjung bisa berfoto dari atas rumah pohon setinggi tujuh meter. Dari atas, pengunjung bisa menikmati panorama alam dan perbukitan indah.

Taman kupu-kupu ini juga dilengkapi area playground, tujuh unit toilet, serta kafetaria yang disebut Tea House. Tak perlu khawatir kelaparan karena Tea House menyediakan makanan seperti mie instan dan nasi goreng serta beberapa jenis minuman. Menikmati makanan di tengah suasana alam seperti ini pasti akan menciptakan sensasi berbeda.

Jika tertarik mengunjunginya, bisa datang ke Jalan Wan Abdurrahman, Desa Suka Manis, Kecamatan Kemiling, Kota Bandar Lampung. Tak sulit menjangkau tempat ini karena hanya butuh waktu 30 menit dari kota dengan kendaraan pribadi.

Taman dengan konsep konservasi ekowisata ini sangat nyaman dan masih alami dengan udara sejuk. Ini dikarenakan letaknya berada di kaki Gunung Betung.


Untuk masuk, pengunjung akan dikenakan biaya tiket yang cukup murah yaitu hanya Rp10.000/orang. Biaya tersebut sudah termasuk untuk menikmati fasilitas yang ada di dalamnya. Taman ini dapat dikunjungi pada jam operasional mulai dari pukul 07.00 hingga pukul 17.00 WIB.

Bagi pengunjung yang berasal dari luar Lampung dan ingin menginap, tidak akan kesulitan karena tersedia lebih dari 100 hotel. Salah satunya adalah Hotel Sheraton Lampung yang berjarak 9,5 km dari Wisata Taman Kupu-Kupu Gita Persada. Biaya menginapnya mulai dari Rp590.861.

sumber : brisik.id

Komentar

Realita Lampung