oleh

UPT Kemenkumham Bersama PWI Gelar Bakti Merah Putih

Realita Lampung – Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kemenkumham Lampung Utara, yang dimotori Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Kotabumi bersama Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) menggelar aksi sosial perbaikan jalan rusak.

Perbaikan jalan rusak itu dipusatkan di Jalan Sri Wijaya, Jalan Taman Siswa dan Jalan Nunyai yang ada diwilayah Kelurahan Kotabumi Tengah dan Kelurahan Kotabumi Pasar, Rabu 10 Maret 2021.

Dalam kegiatan sosial perbaikan jalan lingkar kota itu pihak Lapas melibatkan Warga Binaan pemasyarakatan (WBP) yang sudah terlatih dalam melaksanakan aksi bakti merah putih dan diawasi ketat bersama UPT Kemenkumham dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Kotabumi, Rumah Tahanan (Rutan) kelas IIB Kotabumi dan Badan Permasyarakatan (Bapas) Rumah Penyimpanan Barang Sitaan Negara (Rupbasan) Lampung Utara.

Perbaikan jalan ini yang dipusatkan di Jalan Sri Wijaya dan Jalan Nunyai dengan melakukan penyebaran batu kemudian digilas menggunakan alat berat (wales) dan disirami aspal.

Kemudian kegiatan yang terpusat di Jalan Taman Siswa dilakukan pengecoran karena bangunan jalan yang lama sudah dalam kondisi rusak parah dan mengakibatkan kecelakaan seperti tergelincirnya mobil truk dan jatuhnya pengendara sepeda motor.

“Ini bakti merah putih lembaga pemasyarakatan, kami bisa membantu jalan yang sudah rusak parah kita perbaiki. Alhamdulillah bahwa Lapas dilibatkan dan inilah permasyarakatan itu,” ujar Endang Lintang Hardiman, SH, MH, Kalapas Kelas II Kotabumi.

Dilanjutnya, yang melatar belakangi aksi itu ialah demi kepentingan masyarakat yang sementara ini belum tersentuh. Jadi pihaknya mendorong bersama PWI dengan kemampuan yang ada.

“Kita bersyukur karena ini benar-benar luar biasa, bahwa kita ini bersatu dalam rangka memajukan Lampung Utara, kalau ada yang bicara miring itu abaikan saja, yang penting Lampung Utara ini maju,” ujarnya.

Sementara ditempat yang sama, Ketua PWI Lampung Utara, Jimi Irawan mengatakan, aksi ini gabungan organisasi profesi dan jajaran Lapas, Rutan bersama masyarakat karena prihatin dengan kondisi jalan rusak di sejumlah titik lingkar Kota Kotabumi.

Jimi Irawan menambahkan, kegiatan sosial itu dilaksanakan dari ide mitra kerja wartawan (Lapas dan Rutan) yang siap gotong royong melakukan perbaikan pada sejumlah titik jalan rusak berat di wilayah Kota Kotabumi.

“Hari ini kegiatan sosial gotong royong bersama yang dilaksanakan Lapas, Rutan dan pengurus PWI bersama masyarakat, rencana jalan yang akan dilakukan perbaikan di Jalan Taman Siswa, kemudian di beberapa titik jalan lingkar seperti di Jalan Bernah dan Jalan lingkar Kali Cinta tepatnya di Jalan depan SMP 13 Kotabumi,” kata Jimi Irawan.

Diketahui selain perbaikan itu, gerakan Lapas bersama PWI Lampung Utara ini juga menyumbang batu sebanyak 10 mobil yang sudah diletakan di jalan lingkar tengah rute Bernah – Kalicinta sebanyak 5 mobil dan di jalur lingkar Wonogiri – Kalcinta 5 mobil. (Red)

Komentar

Realita Lampung