oleh

Warga Dusun Tanjung Mulyo Sumbangan Perbaiki Jalan Rusak

Realita Lampung – Selama lima tahun tidak kunjung diperbaiki warga Dusun Tanjung Mulyo, RT 1 Desa Bumi Raya, Kecamatan Abung Selatan, Kabupaten Lampung Utara akhirnya gotong royong perbaiki jalan.

Sesudah diperbaiki

Aksi solidaristas warga itu dimulai dengan pengumpulan sumbangan dari masing-masing warga dusun setempat sebesar Rp10 ribu setiap minggu dan uang yang terkumpul itu diperuntukan guna memperbaiki jalan di Dusun Tanjung Mulyo yang telah mengalami kerusakan parah.

Rohadi salah seorang warga setempat menjelaskan, terkait dengan cara pengumpulan dana tersebut dilakukan warga dusun itu atas dasar kesepakatan bersama dan dikoordinatori oleh Agus. Karena warga khawatir nantinya akan ada korban dan mengganggu kenyamanan bagi warga sekitar dan pengguna jalan.

Menurutnya, dalam kesepakatan disetujui bahwa setiap minggu warga menyumpang sebesar Rp10 ribu dan uangnya dipergunakan untuk memperbaiki jalan yang rusak parah serta licin jika musim hujan. Jalan desa yang telah diperbaiki saat ini sudah sepanjang 100 meter, hal itu dilakukan warga setempat karena kondisi jalan itu kian mengalami kerusakan dan diharapkan bisa secepatnya diperbaiki.

Sebelum diperbaiki

Senada juga diungkapkan warga setempat, yang menambahkan, selama ini warga yang melintas di jalan tersebut sudah ada beberapa kali kejadian kecelakaan, terutama bagi pengguna jalan yang datang dari luar desa. Semua itu dikarenakan rusaknya jalan yang sudah parah, dan licin ketika hujan turun.

Kegiatan gotong royong yang dilaksanakan warga itu dengan cara swadaya tersebut setelah tiga minggu terakhir sumbangan terkumpulkan. Dari hasil sumbangan warga itu hanya cukup untuk membeli bahan material. “Kita sebagai warga kalau sekedar menunggu tindakan dari pemerintah desa mungkin belum bagus jalan ini, dan hasil gotong royong yang dilakukan ii sudah sepanjang 100 meter dan masih sisa 10 meter lagi,” ujarnya seraya menuturkan, ada jembatan kecil yang kondisinya sudah rusak parah, dan letaknya tepat berbatasan dengan desa kali bening raya, “Kami berharap para kepala desa duduk bersama untuk mencari solusi mengenai jembatan itu,” harap warga setempat. (In/Eeng)

Komentar

Realita Lampung