oleh

DPRD Dukung Program Pemutihan Pajak

Realita Lampung – Pemutihan pajak kendaraan di Lampung akan berlangsung selama enam bulan, di mulai 1 April hingga september 2021 mendatang. Selasa (23/03/2021)

Wakil ketua komisi III DPRD Lampung Noverisman Subing mengatakan, pemutihan tersebut akan di laksanakan mulai dari 1 April hingga September 2021 mendatang melalui 15 kantor sistem administrasi manunggal satu atap (Samsat) induk dan pembantu.

“Pemutihan benar tanggal 1 April sampai dengan bulan September tahun 2021 atau selama enam bulan,” kata Noverisman

Lanjutnya, ia menjelaskan Pemutihan itu dilakukan kepada semua jenis kendaraan bermotor dan pembayaran pajak bebas biaya balik nama ( BBN II).

” pembayaran sumbangan wajib dana kecelakaan lalu lintas jalan (SWDKLLJ) dihapuskan denda
tunggakan dan biaya pokok tetap
dibayarkan. Tetapi mutasi masuk dibebaskan biaya BBN baik
dari luar Provinsi maupun dalam Provinsi Lampung, “ungkapnya

Selain itu, untuk mekanisme pelayanan pendaftaran dilaksanakan secara online guna mentaati protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah daerah dan wajib pajak yang telah mendaftar harus menunjukkan bukti pendaftaran online ke petugas posko (Crisis center).

“Untuk pelayanan rencananya diberlakukan secara online dan wajib pajak membawa bukti pendaftaran onlinenya, nanti di posko crisis center akan disediakan pengecekan suhu oleh petugas dinas kesehatan (Apabila ditemukan wajib pajak suhu diatas 37,3 diarahkan
untuk ke Rumah Sakit terdekat), petugas dan wajib pajak wajib menerapkan protokol kesehatan dan petugas melakukan verifikasi kelengkapan berkas pemutihan,”jelasnya

Menurutnya, Setelah berkas lengkap, wajib pajak diarahkan ke cek fisik (Mati STNK) dan loket pendaftaran lalu petugas mengarahkan wajib pajak sesuai dengan proses pembayaran pajak masing-masing (Perpanjangan, Rubentina dan BBN II).

“Kalau sudah lengkap semuanya tinggal pembayaran pajak masing-masing kemudian dalam satu hari pelayanan pemutihan dibatasi hanya 150 kendaraan dibagi menjadi tiga sesi yakni sesi pertama dari pukul 08:00 – 10:00 WIB sebanyak 50 wajib pajak, sesi kedua pukul 10:00 – 12:00 WIB 50 wajib pajak, sesi ketiga pukul 13:00 – 15:00 WIB : 50 wajib pajak,” katanya

Berdasarkan informasi ada 15 kantor samsat induk dan pembantu yang ada di Provinsi Lampung yaitu :

  1. Samsat Bandar lampung
  2. Samsat Gunung Sugih
  3. Samsat Kotabumi
  4. Samsat Kalianda
  5. Samsat Menggala
  6. Samsat Sukadana
  7. Samsat Metro
  8. Samsat Way kanan
  9. Samsat Liwa
  10. Samsat Tanggamus
  11. Samsat Mesuji
  12. Samsat Pringsewu
  13. Samsat Pesawaran
  14. Samsat Tulang Bawang Barat
  15. Samsat Pesisir Barat

Sumber; DPRD Lampung

Komentar

Realita Lampung