oleh

KBM Sistem Tatap Muka Belum Bisa Terselenggara di Tasikmalaya

Realita, Tasikmalaya (JABAR) – Sudah 1 tahun lamanya para siswa menjalani pembelajaran jarak jauh (PJJ) akibat pandemi covid-19, tidak terkecuali siswa di bangku pendidikan anak usia dini (PAUD), bisa dipastikan masih banyak siswa PAUD yang harus melakukan pembelajaran di rumah.

Dalam menyikapi hal tersebut, Salah satu bidang paudni Sera Sani menjelaskan. Alasannya Adalah hanya 6% yang berada di zona hijau, yang diperbolehkan beraktivitas belajar dengan bertatap muka.

Siswa PAUD yang sehari hari lebih banyak bermain bersama teman dan guru di sekolah kini terpaksa harus belajar di rumah, Imbuhnya.

Lanjut dia, yang paling penting dalam pembelajaran bagi siswa PAUD ialah menciptakan suasana yang menyenangkan dan bahagia di rumah. “Masa belajar di rumah hendaknya digunakan oleh orangtua untuk tetap memfasilitasi tumbuh kembang anak melalui ragam permainan edukatif.

Guru dapat membantu orangtua untuk mengidentifikasi materi yang dibutuhkan dan tidak membebani anak. Kegiatan bermain merupakan strategi yang paling dianjurkan.ujarnya
Ia menambahkan, materi atau sumber belajar terbuka pun dapat diperoleh dari berbagai laman, misalnya anggunpaud.

Pemerintah juga memfasilitasi melalui pembelajaran berbasis televisi melalui TVRI setiap pagi. Dewan Pembina Ikatan Alumni Doktor PAUD Indonesia, Dan selama pelaksanaan PJJ, guru dan lembaga PAUD harus menjalin komunikasi yang baik dengan orangtua untuk mengalirkan informasi dan meningkatkan kemampuan mereka agar mampu mendampingi proses belajar putra-putri mereka di rumah.”Anak PAUD itu kan metode belajarnya bermain. Jadi, memang harus banyak ke giatan-kegiatan yang menarik minat mereka,” Tuturnya menjelaskan.

Setidaknya ada empat tujuan belajar PAUD yang perlu dipahami orangtua, yakni meng asah kemampuan kognitif, kemampuan bahasa, kemampuan sosial dan emosional, serta psikomotorik. Keempat tujuan belajar tersebut, perlu disusun dan didiskusikan guru dan orangtua sehingga program yang selama ini dilaksanakan di PAUD bisa dilakukan dengan baik di rumah.tutupnya. (Reporter Neng/DP-Red)

Komentar

Realita Lampung