oleh

Kelurahan Bandar Jaya Timur Gelar Pilkaling Serentak

Realita Lampung – Antusiasme masyarakat pada Pilkaling di Kelurahan Bandar Jaya Timur Selasa (30/3/2021) lalu sangat tinggi. Meskipun demikian hingga pengitungan suara berakhir berlangsung damai. Dengan partisipasi pemilih yang menggembirakan, konflik massa pendukung tidak terjadi sama sekali.

“Pemilihan Kepala Lingkungan (Pilkaling) di Kelurahan Bandar Jaya Timur berlangsung dengan sukses. Bahkan dibandingkan dengan Pilkada, Pileg, Pilkaling lebih seru lagi. Antusias masyarakat untuk mengikuti dan menyaksikan penghitungan sangat tinggi sekali,” demikian dikatakan oleh Ketua Panitia Pilkaling Kelurahan Bandar Jaya Timur Bambang Pujaan Amd, dikantor Kelurahan Bandarjaya Timur, Rabu (31/3/2021).

Bambang Pujaan A.md, Ketua Panitia Pilkaling,

Dengan penuh semangat Bambang menceritakan, antusias masyarakat menyaksikan penghitungan suara menyamai pemilihan kepala kampung. Dengan rata-rata mata pilih sebanyak 700 orang di semua lingkungan, jumlah partisipasi pemilih lebih dari 500 orang. “Masyarakat juga penasaran menyaksikan penghitungan suara, karena ingin tau siapa yang menjadi pemenang,” ujar Bambang.

Dia melanjutkan, kami sangat berterimakasih kepada Pantia Lingkungan. Karena tanpa dukungan mereka Pilkaling ini tidak mungkin sukses. Termasuk kepada para calon yang mendinginkan massa mereka masing-masing. Itu yang utama. “Karena indikasi akan terjadi (konflik) ada,”ungkapnya.

Berdasarkan berita acara rekapitulasi hasil penghitungan suara Pemilihan Kepala Lingkungan Kelurahan Bandarjaya Timur, yang memenangkan Pilkaling di Kelurahan Bandar Jaya Timur adalah sebagai berikut ; Lingkungan 1 dimenangkan Mahmud, Lingkungan 2 dimenangkan Horison Jaya, Lingkungan 3 dimenangkan Junidan, Lingkungan 4 dimenangkan Badal Kusmanto dan Lingkungan 5 dimenangkan Eko Kusbiantoro.

Taruna Jaya. Lurah Bandar Jaya Barat.

Lurah Bandar Jaya Timur Taruna Jaya saat dikonfirmasi oleh awak media di tempat yang sama mengatakan Pilkaling di wilayahnya berlangsung dengan damai. Dikatakan Taruna, Hasil Pilkaling ini kemudian akan dilaporkan ke Camat Terbanggi Besar. “Camat nanti yang akan melantik Kaling,” jelas Taruna.

Dikatakan Taruna, dasar Pemilihan Kaling secara langsung adalah Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 13 Tahun 2021. Untuk jabatan Kaling Pergub tersebut mengamanatkan untuk diberikan honor sebesar 2.025.000 rupiah. “Kaling berperan penting untuk melayani masyarakat,” ujarnya.

Masih ditempat yang sama, wartawan menemui salah seorang pemenang Pilkaling yang saat itu kebetulan berada di Kantor Kelurahan Bandar Jaya Timur yang bernama Eko Kusbiantoro. Pria kelahiran 35 tahun yang lalu ini meraup suara terbanyak di Lingkungan 5. Saat ditanya motivasi untuk menjadi kontestan Kaling, Eko mengatakan bahwa dia tergerak untuk membantu masyarakat di Lingkungan 5 tempat dia tinggal. Dengan bekal pengalaman sebagai RT, Eko merasa terpanggil untuk memimpin Lingkungan 5. Wartawan bertanya apakah honor sebesar 2.025.000 rupiah menjadi alasan untuk ikut Pilkaling, dengan senyum sumringah Eko mengakui dia tertarik dengan jumlah honor tesebut. “Ya orang kita bekerja, honor atau upah itu kan kita pikirkan awal duluan,” tukasnya di akhir wawancara.

Ketua LSM Gerakan Masyarakat Cinta Tanah Air (GMCTA) Ahmat Basuri saat diminta pendapatnya tentang Pilkaling di Kelurahan Bandar Jaya Timur mengatakan, Panitia Pilkaling di Kelurahan Bandar Jaya Timur bekerja dengan penuh dedikasi. Kerja Tim yang dilakukan nyaris tidak mengalami kendala. “Khusus buat Ketua Panitia Pilkaling Kelurahan Bandar Jaya Timur saya apresiasi,” ujar Basuri seraya mengacungkan jempol tangan kanannya .

Ditemui wartawan di Kantor Sekretariat LSM GMCTA Basuri mengungkapkan, selama Pilkaling berlangsung hari senin (29/03/2021) dia berkeliling di sejumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) Kelurahan Bandar Jaya Timur. Antusias masyarakat cukup bergelora, tapi tidak ada konflik yang terjadi. “Kalau setiap pemilihan langsung kondisinya aman damai seperti ini, demokrasi semakin menyenangkan,” tegas Basuri. (Willy)

Komentar

Realita Lampung