oleh

Disdukcapil Lampung Utara Jalankan Program Three in One

Realita Lampung – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Lampung Utara bekerjasama dengan rumah sakit dengan penerapan program 3 in 1.

Menurut Sekretaris Disdukcapil Lampung Utara, Diah Novilia, S. Sos, MM, sebagai tindak lanjut dalam menjalankan program 3 in 1 itu jajarannya pada Rabu (31/3/2021) kemarin mendatangi Rumah Sakit Maria Regina Kotabumi dan memberikan dokumen kependudukan kepada salah seorang warga yang mendapatkan anggota keluarga barunya.

“Kedatangan kita ke RS Maria Regina Kotabumi untuk menyerahkan dokumen sebagaimana ditetapkan dalam penerapan program ‘bayi lagi tiga dokumen dibawa pulang’ sebagai tindak lanjut kerjasama yang telah terjalin dengan pihak rumah sakit,” kata Diah Novilia, Kamis (1/4/2021).

Lebih lanjut wanita berhijab yang akrab dipanggil Uni ini menjelaskan, kerjasama dalam rangka menjalankan program 3 in 1 tersebut diantara dengan penerbitan dokumen kependudukan.

Program ini dilaksanakan agar para ibu yang melahirkan bisa pulang secara bersamaan, ketika membawa bayinya pulang kerumah, ibu tersebut pulang bersama tiga dokumen pentingnya.

Di antaranya, Kartu Keluarga (KK) yang sudah update, Akte Kelahiran, serta Kartu Identitas Anak dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, jelasnya.

Hal itu dilakukan, lanjut Diah Novilia, guna memenuhi hak warga negara untuk memperoleh pelayanan publik terutama hak anak dan peningkatan pelayanan kependudukan dan pencatatan sipil.

“Untuk itu kita meluncurkan sistem berintegrasi dokumen kependudukan three in one. Kita luncurkan di Rumah Sakit Umum Maria Regina, program ini sendiri adalah salah satu komitmen kita untuk memudahkan warga Lampung Utara dalam mendapatkan hak-haknya,” ungkapnya.

Catatan kependudukan adalah salah satu dasar paling penting, agar bisa menunaikan kewajiban kita, tambahnya. (RD/*)

Komentar

Realita Lampung