oleh

Untung Banyak! Modus Oknum ASN Janjikan Korban Menjadi Pol PP

Realita Lampung – Seorang oknum aparatur sipil negara (ASN) yang bertugas di lingkup Pemerintah Kabupaten Lampung Utara diamankan anggota Satreskrim Polresta Bandar Lampung atas sangkaan tindak pidana penipuan sebesar Rp569 juta rupiah dengan modus menjanjikan para korbannya bisa menjadi pekerja honorer di Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP) di Provinsi Lampung.

Terduga pelaku penipuan yang diamankan aparat kepolisian itu berinisial NL tinggal di Bandar Lampung dan pelaku tindak pidana penipuan ini merupakan oknum aparatur sipil negara (ASN) yang bekerja di lingkungan Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah (BPPRD) Kabupaten Lampung Utara.

Oknum pelaku ini hanya bisa menundukkan kepalanya saat digiring oleh aparat kepolisian Satreskrim Polresta Bandar Lampung atas dugaan pelanggaran telah melakukan penipuan terhadap 24 orang korbannya. Modus operandi pelaku ini menjanjikan korbannya menjadi pekerja honorer di Sat Pol PP Provinsi Lampung, atas perbuatan pelaku dari total yang diraihnya dan kerugian yang diakibatkan pelaku ini para korban mengalami kerugian mencapai Rp569 juta.

Menurut Waka Kasat Reskrim Polresta Bandar Lampung, Iptu Djoni Apriyadi atas perbuatan pelaku besaran perorang korbannya yang dijanjikan untuk menjadi honorer Sat Pol PP tersebut sekitar Rp30 – Rp40 juta perorang dan korbannya ada 24 orang.

Barang bukti yang turut disita bersama terduga pelaku penipuan ini, lanjutnya, berupa dua lembar kwitansi bukti setor tunai ke bank BCA dari korban ke tersangka. Tersangka dijerat dengan pelanggaran Pasal 378 dan atau 372 KUHPidana tentang penipuan dan penggelapan yang ancaman pidananya 4 tahun penjara, jelasnya. (RM/RD)

Komentar

Realita Lampung