oleh

Jangan Abai, Jumlah Konfirmasi Covid Lampung Utara 1.147 Kasus

Realita Lampung – Pemerintah Daerah Lampung Utara mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk terus bersama-sama menerapkan protokol kesehatan dan mengimbau warga untuk turut serta dalam program vaksinasi sebagai upaya pecegahan dari sebaran virus covid-19.

Sebagaimana disampaikan, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Lampung Utara, dr. Dian Mauli yang menyampaikan, imbauan Pemerintah Daerah setempat agar warga tetap harus patuh mengikuti instruksi dan aturan Pemerintah dalam hal penerapan protokol kesehatan.

Kuncinya saat ini masyarakat harus tetap taat aturan tentang protokol kesehatan, ini untuk mencegah penularan virus dan untuk bersama-sama kita melindungi diri sendiri dan orang-orang disekitar kita, kata dr Dian Mauli, Minggu (4/4/2021).

Imbauan itu, lanjutnya, mengingat jumlah terkonfirmasi positif saat ini di wilayah Kabupaten Lampung Utara jumlahnya telah erada di angka 1.147 kasus. Untuk itu Pemerintah telah memprogramkan vaksinasi sebagai upaya penecgahan. Namun meski telah mendapatkan vaksin masyarakat tetap harus mengikutidan mematuhi protokol kesehatan.  

Mengapa harus tetap pakai masker meski telah divaksin, karena virus corona biasanya masuk ke dalam tubuh melalui rongga hidung, para ilmuan masih mempelajari apakah tubuh menghasilkan cukup antibodi di hidung untuk mencegah virus berkembang baik di sana (hidung).

Meski sebagaian besar orang yang telah divaksin akan terlindungi dari covid-19. Namun mereka masih dapat menularkan virus meskipun mereka tidak menunjukan gejala apapun.

Dijelskanya, untuk cara kerja vaksin, vaksin yang disuntikkan ke dalam tubuh akan memicu sistem kekebalan tubuh untuk membantuk antibodi. Antibodi ini akan disirkulasi oleh darah ke bagian tubuh lain untuk melindungi dari penyakit.

Untuk itu pemerintah memprogramkan vaksinasi bagi masyarakat, dan diharapkannya masyarakat bisa ikut serta dalam program tersebut.

Sementara itu untuk jumlah kasus konfirmasi positif hingga Sabtu 3 April 2021, lanjut dr. Dian Mauli di Kabupaten Lampung Utara saat ini berjumlah 1.147 kasus, dengan rincian selesai isolasi sebanyak 1.058 kasus, dalam pantauan sebanyak 133 kasus dari jumlah 1.043 kasus, selesai pemantauan 830 kasus konta erat. Sedangkan untuk pelaku perjalanan saat ini ada dalam pantau sebanyak 18 kasus, selesai pantauan semala 14 hari ada 105 kasus dari total 123 pelaku perjalanan. Sementara untuk data kasus kematian konfirmasi ada 32 kasus dengan jumlah mungkin ada 4 kasus, jelasnya. (BI/RD)

Komentar

Realita Lampung