oleh

Profil Ketua LK III Bandar Jaya Timur

Realita Lampung – Pembawaannya yang kalem, nada bicaranya lembut, menyiratkan pribadi yang bersahaja. Pria yang lahir 47 tahun ini bermana Junidan. Selasa 30 Maret 2021 lalu dia terpilih sebagai Kepala Lingkungan 3 Kelurahan Bandar Jaya Timur, Kecamatan Terbanggi Besar. Ditemui di kediamannya (Minggu, 04/04/2012), dengan mengenakan kemeja lengan pendek bergaris vertikal dia menyambut kedatangan wartawan dengan ramah. Berikut wawancara singkat dengan Willy Dirgantara dari Media Cyber RealitaLampung.com.

Wartawan (W) : Apa kabar hari ini bang?
Junidan (Jun) : Alhamdulilah sehat

W : Sehari-hari kegiatan apa bang ?
Jun : Saya berdagang kalangan di pasar gotong royong, dan sejumlah pasar lainnya. Jual plastik-plastik.

W : Apa motivasi anda ikut Pemilihan Kepala Lingkungan (Pilkaling) Kelurahan Bandar Jaya Timur?
Jun : Kalau motivasi mulanya tidak ada. Tetapi karena dorongan dari kawan, keluarga, akhirnya saya ikut memeriahkan Pilkaling lingkungan 3 Bandar Timur.

W : Setelah dinyatakan menang, apakah anda merasa senang?
Jun : Kalau rasa senang itu sudah pasti. Rasa gembira tentu tidak bisa kita bendung.

W : Apa target akan anda capai selama menjabat kaling?
Jun : Yang jelas kita sebagai pengayom masyarakat. Untuk programnya, belum ada bagi saya. Sebagai bawahan Lurah kami mengikuti program dari kelurahan. Yang jelas kita ikutin program kelurahan untuk kesejahteraan warga masyarakat Lampung Tengah pada umumnya, dan warga Lingkungan 3 Kelurahan Bandar jaya Timur pada khususnya.

W : Sebelum mencalonkan diri sebagai Kaling, ada pernah mendengar keluhan dan usulan warga yang belum bisa diakomodir?
Jun : Banyak sekali. Itulah makanya saya terpanggil ikut Pilkaling. Sebagai warga lingkungan 3, saya merasa tertinggal dibandingkan Lingkungan lainnya. Kami seperti dianaktirikan. Selama 15 tahun ini tidak ada pembangunan berarti, termasuk pemeliharaan jalan dan lain sebagainya. Saya berkeinginan kuat mengajak masyarakat untuk merubah lingkungan 3 ini.

W : Kalau infrastuktur apa yang masih perlu dibenahi ?
Jun : Yang jelas jalan. Nyaris semua jalan di Lingkungan 3 rusak semua. Tidak ada yang mulus, hampir merata. Berbeda jauh dengan jalan-jalan di Lingkungan Bandar Jaya Barat. Lingkungan 3 bandar Jaya Timur ini sudah tertinggal jauh.

W : Kalau soal peran masyarakat, di lingkungan 3 ini seperti apa saat ini ?
Jun : Kalau masyarakat saya perhatikan aktif semua. Tapi warga tidak punya kekuatan. Jadi hanya bisa mengeluh saja, tanpa tahu harus mengadu kemana lagi. Sebab selama ini mengadu belum penah ada tanggapan.

W : Idealnya seorang Kaling itu seperti apa peran sertanya di masyarakat ?
Jun : Terus terang saya sendiri belum pernah menjabat Kaling sebelumnya. Tapi secara umum Kaling harus menjadi pengayom masyarakat.

W : Perihal keamanan dan kenyaman warga apa yang akan anda lakukan ?
Jun : Untuk kedepan kami coba berembuk bersama warga. Apakah kita akan melakukan kegiatan jaga malam lagi, demi keamanan kita sendiri.

W : Kalau soal kegiatan sosial keagamaan warga lingkungan 3 ini seperti apa?
Jun : Soal kegiatan keagamaan warga Lingkungan 3 ini bisa dikatakan biasa-biasa saja. Alhamdulilah di tempat kami masih aman, rukun dan damai.

W : Pagayuban masyarakat seperti rukun kematian disini ada tidak ?
Jun : Rukun kematian ada, namanya Rukun Kematian Ridho. Saya sendiri sampai sekarang masih menjabat sebagai bendahara. Kegiatan pengajian dan yasinan rutin juga aktif.

W : Sekarang ini lagi hangat-hangatnya terorisme, sebagai warga Lingkungan 3 ini apakah anda pernah mencurigai adanya gerakan radikal yang menjurus kepada terorisme ?
Jun : Sejauh ini saya secara kasat mata saya tidak pernah mengetahui. Tempat kami ini biasa-biasa saya kegiatan keagamaannya. Tidak ada yang terlalu menonjol. Atau memprovokasi, mengintimidasi, atau mengancam keutuhan NKRI.

W : Apakah anda siap membantu pemerintah mencegah gerakan radikal yang menjurus kepada tidak terorisme di Lingkungan 3 ini ?
Jun : Kalau itu jelas, saya berkomitmen. Karena untuk kedamaian, kenyamanan warga kami. Segala bentuk perbuatan teror adalah kejahatan luar biasa. Tapi kami juga meminta peran aktif warga. Tidak mungkin semua dibebankan kepada pamong semata.

BIODATA

Nama : Junidan

Tempat / Tanggal Lahir : Panca Tunggal, 20 Juni 1974

Alamat : Lingkungan 03 RT.05/RW.02 Kelurahan Bandar Jaya Timur, Kecamatan Terbanggi Besar

Agama : Islam

Pekerjaan : Wiraswasta

Nama Istri : Hasimah

Nama Anak :

  • Panca Apriki
  • Rasa Herbadani

Riwayat Pendidikan :

  • SDN 6 Panca Tunggal
    – SMPN 3 Poncowati
    – SMAN 3 Bandar Lampung

Riwayat Pekerjaan : Pedagang (hingga saat ini)

Riwayat Organisasi :

  • Ketua Asosiasi Pedagang Pasar Wates
  • Pengurus Masjid
  • LSM Gerakan masyarakat Cinta Tanah Air (GMCTA)
  • Bendahara Rukun Kematian Ridho

Komentar

Realita Lampung