oleh

Honorer RS Pemerintah Lampung Tengah Tiga Bulan Belum Dibayar

Realita Lampung – Tenaga Kerja Sukarela (TKS) atau Pegawai Tetap Harian Lepas (PTHL) Rumah Sakit Demang Sepulai Raya Kabupaten Lampung Tengah (Lamteng) dan TKS Dinas Kesehatan Lamteng sudah 3 bulan ini tidak menerima honor. TKS/PTHL yang belum diberikan honor tesebut merupakan TKS/PTHL yang dibayar dengan dana APBD Lamteng.

Hal ini diungkapkan oleh Ketua Lembaga Swadaya Masyarakat Gerakan Masyarakat Membangun (LSM GERBANG) Kabupaten Lamteng Syaiful Anwar, di saat bertemu wartawan di Kantor Bupati Lamteng, Kamis (08/04/2021).

Didampingi oleh Ketua LSM Gerakan Masyarakat Cinta Tanah Air (GMCTA) Lamteng Ahmat Basuri, Syaiful Anwar menyatakan Keprihatinannya dengan kondisi tesebut. Syaiful menjelaskan, Pegawai TKS/PTHL yang honornya bersumber dari dana Badan Layanan Usaha Daerah (BLUD) sudah mendapatkan haknya.

“Saya heran kenapa yang honornya bersumber dari APDB Lamteng malah nunggak sampai 4 bulan. Hanya karena faktor tekhnis atau jangan-jangan ada yang “bermain” disini.” tandas Syaiful. Kendati demikian, Syaiful tidak menuduh siapapun dengan sengaja menunda pencairan honor TKS/PTHL.

Syaiful melanjutkan, bahwa honor itu sangat penting bagi para TKS/PTHL. Sebab dengan tertundanya pemberian honor bisa menyebabkan dampak yang serius. “Honor bisa tertunda, tapi biaya hidup tentunya tidak bisa ditunda,” tegas Syaiful.

Ketua LSM GMCTA Ahmat Basuri menambahkan, bahwa dia telah menelusuri informasi keterlambatan pembayaran honor TKS/PTHL tersebut. Setelah mendapatkan informasi awal, Basuri bergegas menuju RS Demang untuk mendengarkan keluh kesah langsung dari pegawai TKS di RS Demang Sepulau Raya.

“Saya tadi sudah bertemu salah satu Satpam di Kantor Dinas Kesehatan Lamteng yang bernama Purwanto. Dia mengakui memang honornya selama 3 bulan terakhir sampai hari ini (08/04/2021) belum diberikan,” jelas Basuri. Basuri menambahkan, Satpam Purwanto itu mengaku sangat membutuhkan honor yang seharusnya sudah diterimanya.

Menindaklanjuti informasi belum dibayarkannya honor para pegawai TKS/PTHL di RS Demang Sepulau Raya, wartawan menemui Direktur RS Demang Sepulau Raya Dr. Hasril Syahdu untuk mengkonfirmasi informasi tersebut Kamis (08/04/2021). Salah seorang staff nya mengatakan Dr. Hasril Syahdu tidak ada dikantor. Begitu juga saat wartawan hendak mengkonfirmasi Kepala Dinas Kesehatan Pemkab Lamteng Dr. Otneil Andrians Labobar, Sp. An, salah seorang staffnya mengatakan Dr. Otniel sedang dinas luar. (Willy.D)

Komentar

Realita Lampung