oleh

54 Peserta Ikut UKW Dewan Pers Anggkatan XXIII

Realita Lampung – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Lampung Utara (Lampura) mengirimkan dua orang pengurus untuk mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Angkatan XXIII.

Ketua PWI Kabupaten Lampung Utara, Rozi Ardiansyah mengatakan, Uji kompetensi yang dilaksanakan hari ini 9-10 April 2021 di Hotel Swiss – BelHotel Bandar Lampung yang digelar oleh Dewan Pers diikuti 54 wartawan yang terdiri tingkatan Muda 30 orang, Madya 12 orang dan Utama 12 orang.

” Dari Lampung Utara kita mengirimkan 2 orang pengurus untuk mengikuti UKW tingkatan Madya, yakni Riduan (Pimred Radar Kotabumi, dan Sarnubi (Pimred Realitalampung.com), ” kata Ketua PWI Lampura, Rozi Ardiansyah. Jumat (9/4/2021).

Sementara itu Ketua PWI Provinsi Lampung, Supriyadi Alfian dalam sambutannya mengatakan Uji kompetensi ini dilakukan untuk meningkatkan kualitas wartawan.

Menurutnya, Wartawan yang sudah mengikuti jenjang melalui UKW akan terlihat berbeda dengan wartawan yang belum UKW. Hal itu tentunya dapat dilihat dari karya tulis dan etika saat bertemu dengan narasumber.

” Selamat mengikuti uji kompetensi kepada seluruh rekan-rekan wartawan yang ikut UKW pada hari ini, tetap optimis dengan kemampuan dan keahlian diri sendiri serta jangan terlalu dibawa tegang mengingat apa yang di ujikan pada hari ini merupakan rutinitas kita setiap hari saat menjalankan tugasnya,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Dewan Pers pusat, Agung Darmajaya menjelaskan, bahwa UKW ini menjadi sebuah kegiatan yang sangat penting bagi para waratawan. Diman di era digitalisasi yang terus maju ini peran wartawan sangatlah dibutuhkan dengan menyajikan berita yang berimbang dan terpercaya.

Menurutnya, siapa saja bisa menjadi wartawan, namun tidak semua orang dapat menulis berita dengan baik dan benar.

” Media saat ini dinilai sebagai sumber keributan, padahal yang seperti itu bukanlah peranan pers. Mengingat peran pers menegakkan pilar demokrasi dalam penulisan harus akurat yang sesuai dengan kode etik jurnalistik,”ujarnnya.

Karena lanjut dia, Menjadi wartawan adalah sebuah profesi dan pilihan, oleh sebab itu dirinya mengajak seluruh wartawan untuk menjaga profesi waratwan. (DK/*)

Komentar

Realita Lampung