oleh

Pemkab Lampung Barat Simulasi Kesiapsiagaan Menghadapi Bencana

Realita Lampung, Lampung Barat – Pemerintah Kabupaten Lampung Barat (Pemkab Lambar) melakukan simulasi kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana alam gempa bumi yang dipimpin langsung Bupati Lampung Barat, Hi. Parosil Mabsus di Lingkungan Pemkab setempat serta diikuti seluruh perangkat daerah dari masing-masing satker, Senin (26/04/2021).

Simulasi itu berdasarkan Radiogram Kemendagri Nomor 080/2555/SJ tanggal 21 April 2021, Perihal Partisipasi Latihan Kesiapsiagaan Bencana dan Surat Sekda Nomor 360/425/IV.05/2021, Perihal Partisipasi Peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana Tahun 2021 yang diikuti seluruh Kabupaten/Kota seluruh Indonesia.

Simulasi tersebut dalam rangka mengajak semua pihak untuk berpartisipasi secara spontanitas pada tanggal 26 April 2021. Kegiatan dimulai serentak pukul 10.00 WIB dengan meliputi Latihan Evakuasi Bencana, Uji Alat Peringatan Dini dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Jenis bencana yang disimulasikan yaitu gempa bumi, simulasi dilaksanakan dengan mengikuti jalur evakuasi yang telah tersedia menuju titik aman/ titik kumpul yang telah tersedia di masing-masing kantor, ditandai dengan bunyi sirine.

Simulasi ditujukan untuk dapat membangun kesadaran dan kewaspadaan bencana di masa pandemi covid-19 bagi seluruh masyarakat.

Selaku kepala daerah, Bupati Lampung Barat Hi. Parosil Mabsus mendukung penuh kegiatan tersebut dan mengucapkan hari kesiapsiagaan bencana tahun 2021 yang rutin dilakukan setiap tahunnya pada 26 April.

“Saya Bupati Lampung Barat mengucapkan selamat hari kesiapsiagaan bencana tahun 2021, siap untuk selamat dari bencana,” ujar Bupati Parosil Mabsus.

Ia mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk ikut serta mewujudkan Kabupaten Lambar menjadi Kabupaten Tangguh Bencana yang itu sudah menjadi komitmen di masa kepemimpinannya bersama Wakilnya Drs. Mad Hasnurin. “Kita wujudkan kabupaten Lampung Barat menjadi Kabupaten Tangguh Bencana, salam tangguh, tangguh, tangguh,” pungkasnya. (A Yosan)

Komentar

Realita Lampung