oleh

Viral ‘Doakan Kami’ Tulis Komandan KRI Nanggala 402

Realita Lampung (Indonesia) – Indonesia bersedih dengan gugurnya 53 awak KRI Nanggala 402 yang tenggelam bersama kapal selam tersebut di dasar Laut Bali. Seiring dengan kabar duka mendalam ini, warganet membanjiri postingan lama Komandan KRI Nanggala, Letkol Laut Heri Octavian.

Setelah Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menyatakan 53 awak KRI Nanggala gugur, postingan Komandan KRI Nanggala jadi perhatian. Ada postingan Letkol Heri Octavian yang paling dikomentari.

Postingan yang dimaksud ini pun dianggap warganet, kok nyambung dengan tragedi tenggelamnya KRI Nanggala.

Doakan kami….

Foto latihan escape yang diunggah Komandan KRI Nanggala. Foto Instagram @class_of_2k2

Jadi postingan lama yang diunggah Komandan KRI Nanggala adalah video dan foto latihan awak kapal selam.

Postingan yang berusia 75 minggu lalu, November 2019 itu menunjukkan video latihan awak kapal selam menyelamatkan diri dari situasi darurat di kapal selam. Video dan foto awak mengenakan pakaian escape.

Nah yang jadi perhatian warganet adalah narasi postingan si komandan.

“Jika kamu tak membaca hal ini dalam berita, artinya kami baik-baik saja. Tapi jika kamu menemukan ini (pakaian escape) dalam pemberitaan, mohon doakan kami,” tulis Letkol Heri Octavian menceritakan latihan awak kapal selam itu.

Sontak postingan ini menemukan konteksnya dengan rilis Panglima TNI yang menyatakan 53 awak KRI Nanggala telah gugur.

Dalam konferensi pers kemarin, KSAL Laksamana Yudo Margono menunjukkan temuan baju escape yang robek.

Analisis TNI, awak KRI Nanggala sudah berusaha mengenakan baju escape itu dalam keadaan darurat, baju itu sudah dikeluarkan dari tempatnya namun nggak sempat dikenakan awak karena kedaruratan yang terjadi.

Doa warganet mengalir dalam komentar postingan ini.

“Selamat jalan pahlawanku amal baktimu akan selalu kami kenang terimakasih sudah menjaga kami, semoga semua Crew Nanggala 402 husnul khotimah,” tulis akun @lenny_lee_ranti.

Pakaian escape awak KRI Nanggala

fhoto: Ist/ Pakaian escape awak KRI Nanggala.

Kepala Staf TNI Angkatan Laut, Laksamana Yudo Margono, mengungkapkan penemuan escape suit milik KRI Nanggala-402.
Kondisi escape suit sendiri sudah dalam keadaan tidak utuh dan banyak robek di beberapa bagian.

Menurut dugaan, para awak KRI Nanggala-402 mengetahui adanya situasi darurat dan mengeluarkan escape suit dari kotak penyimpanan. Sayangnya, escape suit tersebut diduga tak sempat dikenakan.

“Ini adalah baju escape suit MK11, yang biasanya ini ditaro di kotak, tapi ini bisa lepas sehingga ada kedaruratan sehingga diambil dari kotak dan akan dipakai. Kemungkinan, belum sempat pakai, kondisinya sudah darurat sehinga ini bisa lepas,” ujarnya.

Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto, mengungkapkan bahwa beberapa bagian dari badan KRI Nanggala-402 telah ditemukan. Bagian tersebut di antaranya adalah kemudi vertikal belakang, jangkar, bagian luar bagian tekan, kemudi selam timbul, bagian kapal yang lain, termasuk baju keselematan awak kapal MK11. Ia juga mengungkapkan bahwa ke-53 awak kapal KRI Nanggala-402 gugur dalam insiden tersebut.

“Berdasarkan bukti-bukti otentik tersebut dapat dinyatakan bahwa KRI Nanggala-402 telah tenggelam dan seluruh awaknya telah gugur,” ujarnya dalam konpers pada Minggu, 25 April 2021.

Gugurnya ke-53 awak kapal KRI Nanggala-402 tentu menyisakan duka mendalam bagi keluarga yang ditingggalkan. (RD/*)

Sumber: https://m.caping.co.id/

Komentar

Realita Lampung