oleh

Disperkim Lampura Ajak Elemen Masyarakat Tingkatkan Kepercayaan Pemerintah Pusat

Realita Lampung – Program pemerintah pusat yang disalurkan melalui Dinas Perumahan dan Pemukiman (Disperkim) Lampung Utara (Lampura) hingga tahun 2021 terus mengalami penigkatan dan diharapkan masyarakat sebagai penerima program-program dapat bersama menjaga dan bersuwadaya melakukan pemeliharaan untuk keberlangsungannya.

Kepala Dinas Perumahan dan Pemukiman Kabupaten Lampung Utara, Erwin Syaputra, ST, MM, melalui Kepala Bidang (Kabid) Kawasan Pemukiman, Tabrani Sulaiman, SE, MM, didampingi Ibrahim, SE, ketika diwawancarai tim media ini menuturkan, sejak dimulainya Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat, atau lebih dikenal dengan sebutan Pamsimas terus beransur-ansur mengalami peningkatan.

“Sejak tahun 2017 lalu, program penyediaan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat atau Pamsimas ini masuk di Lampung Utara, pada tahun 2017 lalu kita mendapatkan realisasi sebanyak 15 desa, di tahun 2018 sebanyak 30 desa, tahun 2019 dan tahun 2020 masing-masing 45 desa, tapi pada tahun 2019 dari jumlah 45 desa itu ada satu desa yang ditunda karena masalah anggaran, dan pada tahun 2021 ini kita kembali mendapatkan Pamsimas sebanyak 44 desa,” kata Tabrani Sulaiman, Selasa (4/5/2021).

Di tahun 2021 ini program yang akan dilaksanakan pihak Perumahan dan Pemukiman Kabupaten Lampung Utara selain dari pembangunan, peningkatan dan sanitasi. “Pembangunan ya itu tentang pelaksanaan, peningkatan ini untuk pelaksanaan dari program pembangunan yang sudah dilaksanakan dan dilakukan lagi dengan basis peningkatan. Kemudian program sanitasi,” lanjut Ibrahim selaku Kasi Perencanaan dan Pengawasan Dispermukiman setempat ketika mendampingi Tabrani Sulaiman.

Lanjutnya, pada program pembangunan di tahun 2021 ini, untuk pembangunan yang bersumber dari DAK Pusat, Lampung Utara mendapatka realisasi sebanyak 24 desa yang menjadi sasaran alokasinya, lalu program peningkatan sebanyak 19 desa dan program sanitasi 10 desa.  

Untk lebih jelas dan lengkap tentang penjelasan pihak Dinas Perumahan dan Pemukiman Kabupaten Lampung Utara terkait dengan program air minum dan sanitasi berbasis masyarakat atau Pamsimas ini bisa dilihat di video yang terlampir di link berita ini. (In/ R Agung)

Komentar

Realita Lampung