oleh

Cegah Kerumunan, Pemerintah Lampung Tengah Turunkan Tim Patroli Bersekala Besar

Realita Lampung – Pemerintah Kabupaten Lampung Tengah bersama forkopimda dan Tim Satgas Covid-19 menurunkan pasukan bersekala besar dalam upaya mengantisipasi kerumunan menjelang pelaksanaan shalat Idul Fitri 1442 H, 2021 M.

Sebelum patroli dengan menurunkan pasukan gabungan bersekala besar itu terlebih dulu dilakukan apel bersama yang berlangsung di Tugu Pepadun pada, Rabu (12/5/2021) malam.

Apel bersama itu guna melakukan patroli di malam takbiran Idul Fitri 1 Syawal 1442 H/2021 M, langsung dipimpin Kapolres Lampung Tengah, AKBP Popon Ardianto Sunggoro, SIK, SH, Dandim 0411/LUT, Letkol Inf. Andri Hadiyanto, M.Han, bersama Bupati Lampung Tengah Hi. Musa Ahmad, S.Sos dan diikuti perwakilan personel dari masing-masing kesatuan.

Kapolres Lampung Tengah, AKBP Popon Ardianto Sunggoro, SIK, SH, mengatakan, kegiatan patroli berskala besar ini guna menentukan rute-rute wilayah yang telah ditentukan sesuai dengan pemetaan kerawanan dan tempat keramaian daerah yang dapat menimbulkan kerumunan.

Seperti di daerah Bandar Jaya dan daerah tersebut dilakukan penyekata, tempat tersebut dibagi menjadi 3 tempat yakni di depan Masjid Istiqal Bandar Jaya serta wilayah Bandar Jaya Barat dan wilayah Bandar Jaya Timur.

Tujuan dilakukan patroli dengan maksud mengurai keramaian masyarakat Lampung Tengah untuk tidak melakukan pawai malam takbiran dan menghimbau masyarakat agar tidak menimbulkan kerumunan dan mencegah lonjakan Covid-19 karena lebatatn Idul Fitri 1442 H, atau tahun 2021 ini masih dimasa pandemi Covid-19, paparnya.

Selain patroli dan pengamanan malam takbiran anggota personel Polres Lampung Tengah sendiri melibatkan anggota lebih dari 500 orang personel ditambah dengan personel gabungan dati TNI dan Satpl PP, Dinas Perhubungan, Damkar serta BPBD Lampung Tengah.

“Selain itu juga melakukan pengamanan terbuka maupun tertutup dalam mengantisipasi dan mencegah kejahatan C3 (Curat,Curas dan Curatmor) diwilayah Lampung Tengah,” ujarnya.

Lebih lanjut AKBP Popon Ardianto Sunggoro mengatakan, intinya kegiatan ini adalah menanggapi perintah pimpinan atas dalam mencegah penyebaran Covid-19, agar pada situasi hari raya Idul Fitri tahun 2021 tidak menimbulkan cluster baru atau terpapar Covid-19 dan kami tak akan bosan-bosan menghimbau masyarakat untuk selalu menjaga kesehatan diri dan orang lain dan mematuhi protokol kesehatan dengan menerapkan 5M dalam upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19, tutupnya. (M9G/RD)

Komentar

Realita Lampung