oleh

Sambut Jamaah Shalat Id Idul Fitri, Panitia Masjid Baittul Jaissy Perketat Prokes

Realita Lampung – Ratusan warga Lingkungan III Kelurahan Tanjung Aman, Kotabumi, Lampung Utara berbondong-bondong menuju Masjid Baittul Jaissy guna menunaikan shalat Idul Fitri 1442 Hijriyah pada Kamis 13 Mei 2021 pagi.

Perayaan Hari Raya Idul Fitri 1442 H tahun ini karena masih dalam situasi pandemi Covid-19, tidak mengurangi antusiasme masyarakat Lampung Utara khususnya warga Tanjung Aman dan sekitarnya untuk menjalani shalat Id bersama (Berjamaah) dan terpantau oleh media ini panitia masjid menerapkan protokol kesehatan ketat, selain dari menyiapkan masker dan cek suhu serta menjaga jarak bagi jamaah yang merayakan hari kemenangan umat muslim ini, bersama-sama dengan seluruh umat Islam di seluruh penjuru dunia.

Bulan Ramadhan (Puasa) merupakan momentum yang sangat berharga untuk mendidik umat Islam. Pada bulan suci ini kaum Muslimin diwajibkan untuk berpuasa selama satu bulan penuh untuk mencapai ketakwaan yang akan diraih setelah tuntas menyelesaikannya.

Ramadhan tahun 2021 ini, masih dalam situasi terjadinya pandemi Covid-19 yang telah melanda berbagai pelosok dunia. Menerpa lebih dari 200 negara. Dampak adanya pandemi ini menyebabkan banyak sektor yang terganggu dalam beraktifitas seperti pendidikan, ekonomi, sosial, perhubungan dan lain-lain. Banyak usaha mikro gulung tikar, pabrik-pabrik memberlakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK), serta macetnya bisnia transfortasi umum.

Masyarakat Indonesia begitu pula masyarakat Lampung Utara merasakan begitu berat tantangan yang ada di hadapan kita bersama saat ini. Kita diuji dengan berbagai macam ujian sekaligus, yaitu melaksanakan kewajiban berpuasa, menghadapi kondisi pandemi Covid-19, dan tantangan krisis ekonomi karena dampak pandemi di berbagai sektor.

Pada Ramadhan tahun ini, kita semua berharap setidaknya mampu memaknai ketuntasan kita dalam menyelesaikan salah satu ujian di atas dengan ditandai datangnya Idul Fitri, sehingga mampu menangkap pesan Allah SWT di balik semua peristiwa yang terjadi di masa pandemi dengan mengambil hikmah yang ada selaku Imam dalam sholat idul fitri pagi ini dimasjid baittul jaisy ustad M. Zaman, SAg dan khotbah di sampaikan oleh ketua Masjid bapak Fikri.

“Idul Fitri tahun ini masih dalam masa pandemi covid 19, yang telah memakan korban jutaan jiwa dipenjuru dunia, kita harus tetap waspada agar tidak terlalu jauh terdampak covid 19ini,”kata fikri dalam khotbainya.

Ia juga mengingatkan bagi umat Islam untuk berbuat baik kepada sesama untuk membangun kepedulian sosial ditengah masyarakat. (IN/ENG)

Komentar

Realita Lampung