oleh

Adipati Pantau Pemilihan 85 Kakam

Realita Lampung – Bupati Way Kanan menyaksikan pelaksanaan pemungutan suara pemilihan kepala kampung (Pilkakam) gelombang III yang dilaksanakan serentak di 85 kampung hari ini.

Pada acara Pilkakam yang dihadiri oleh Bupati Way Kanan, Raden Adipati Surya melalui video confrence itu diikutinya dari Kampung Umpu Bhakti, Kecamatan Blambangan Umpu, Kamis (27/5/2021).

Dikesempatan itu, Bupati Adipati mengatakan, ada 85 kampung yang hari ini melaksanakan Pilkakam serentak, 85 kampung itu tersebar di 15 kecamatan. Pelaksanaan pilkakam itu menurutnya lanjutan program pilkakam tahun 2020 lalu yang tertunda pelaksanaannya karena wabah covid-19.

Dijelaskanya, sebelum adanya kepala kampung (Kakam) definitif, maka untuk menjalankan pemerintahan di kampung. Pemkab Way Kanan, menunjuk penjabat (Pj) Kakam dari PNS.

“Pilkakam dapat dilaksanakan hari ini, karena dukungan dari Dirjen PMD Kementerian Dalam Negeri (Mendagri), yang telah menerbitkan dan memberikan rekomendasi kepada Pemkab Way Kanan untuk melaksanakan Pilkakam ditengah pandemi Covid-19,” papar Adipati.

Lanjut Adipati, dengan terbitnya Permendagri No: 72/2020, ada.beberapa perbedaan Pilkakam tahun 2021, karena dilaksanakan di masa pandemi Covid-19. Kemudian, Pemkab Way Kanan segera melakukan perubahan Peraturan Bupati (Perbup) menyesuaikan dengan Permendagri tersebut, mulai dari setiap TPS maksimal hanya diperbolehkan 500 DPT/Pemilih, menyiapkan Protokol Kesehatan (Prokes) pada setiap TPS dan pelaksanaan pemungutan suara sampai pukul 12.00 WIB.

Adipati mengatakan, sebelum diterbitkannya Permendagri No: 72/2020, Pemkab Way Kanan mengatur Pilkakam hanya terdapat pada 1 TPS, dan pelaksanaan pemungutan suara dilaksanakan sampai dengan pukul 13.00 WIB.

“Tentunya pengaturan dimaksud, untuk tetap menjalankan pesta demokrasi pada tingkat kampung agar diperoleh pemimpin yang diharapkan masyarakat dengan tetap menjaga Kesehatan masyarakat serta tidak memperluas penyebaran Covid-19,” pungkas Bupati.

Untuk diketahui kegiatan itu dihadiri Dirjen PMD Kemendagri, Yusnarto Huntoyungo, Gubernur Lampung, Bupati se-Lampung, Ketua DPRD, Kapolres dan Dandim 0427 Way Kanan berserta jajarannya. (M9G/RD)

Komentar

Realita Lampung