oleh

Aparat Polsek Sukarame Kembali Ungkap Pelaku 3C, Tersangka Mengaku 13 Kali Beraksi

Realita Lampung – Mengaku telah tiga belas kali melancarkan aksi pencurian sepeda bermotor dan ditetapkan menjadi DPO Polisi karena laporan korban pencurian di wilayah Kelurahan Sukarame, Kecamatan Sukabumi, Kota Bandar Lampung pelaku berhasil ditangkap dan dilumpuhkan oleh petugas.

Kapolsek Sukarame, Kompol Warsito menuturkan, penangkapan terhadap pelaku 3C (Curas, curat dan curat curanmor) itu dilakukan jajarannya pada Sabtu (5/6/2021) pagi. Terhadap pelaku dilakukan tindakan tegas karena melakukan gerakan aktif dan dipandang perlu dilberikan tindakan tegas karena akan mengancam keselamatan aparat.

“Pelaku ditangkap tadi pagi, Sabtu 5 Juni 2021 sekira pukul 04.30 WIB. Pada saat anggota yang dipimpin Kanit Reskrim Ipda Erwin Adi Pratomo melakukan penangkapan terhadap tersangka ditempat tinggalnya saat itu tersangka berinisial NR ini melakukan perlawanan kepada petugas, sehingga pada saat itu juga anggota yang  telah siap siaga langsung melakukan tindakan tegas dan terukur terhadap tersangka dengan mempedomani Perkap 01 tahun 2009,” kata Kompol Warsito.

Ungkap kasus pelaku tindak pidana pencurian kendaraan roda dua itu, lanjutnya, dilakukan berdasarkan laporan korban yang tertuang di dalam LP/562-B/VII/2020/LPG/RESTA BALAM/SEKTOR SKM tanggal 20 Juli 2020 lalu.

Dijelaskan Kompol Warsito, modus operandi pelaku melancarkan aksinya mengambil sepeda motor milik korbannya yang sedang terparkir di halaman rumah dengan cara merusak kunci stang dan kunci kontak dengan menggunakan alat berupa kunci leter T.

Untuk kronologis kejadiannya, terjadi pada Minggu (19/7/2020) sekira Pukul 17.00 WIB, pada saat itu korban bersama anaknya berkunjung kerumah saudaranya dengan menggunakan sepeda motor miliknya, dan sesampainya dirumah saudaranya sepeda motor korban diparkirkan di halaman rumah dalam posisi baik stang maupun kunci kontak dalam keadaan terkunci.

Selanjutnya korban masuk ke dalam rumah dan menemui saudaranya, namun sekitar 30 menit kemudian saat  korban dan anaknya  hendak  pulang kerunahnya saat itulah korban mengetahui sepeda motor miliknya sudah tidak ada lagi, atas peristiwa tersebut korban melapor ke Polsek Sukarame, jelas Kompol Warsito.

Kemudian, lanjutnya, dari hasil olah TKP diperoleh keterangan dari saksi-saksi yang menjelaskan bahwa pelaku pencurian tersebut berjumlah dua orang laki-laki dengan menggunakan sepeda motor jenis honda beat berwarna biru.

Setelah dilakukan penyelidikan mendalam, tim Unit Reskrim Polsek Sukarame akhirnya dapat mengetahui ciri-ciri dari kedua pelaku serta didapatkan identitas kedua pelaku, masing-masing berinisial NR dan SO, kedua pelaku berasal dari Desa Paniangan, Kecamatan Marga Sekampung, Kabupaten Lampung Timur.

Kemudian pada hari Sabtu 5 Juni 2021 sekira pkl 04.30 WIB, Tim Unit Reskrim Polsek Sukarame berhasil melakukan penangkapan terhadap satu pelaku. Sedangkan satu pelaku lainnya masih dalam buruan aparat kepolisian.

Dari hasil pemeriksaan sementara, kata Kompol Warsito oleh unit Reskrim Polsek Sukarame, terhadap tersangka NR, dia telah mengkui perbuatannya yang telah melakukan pencurian satu unit sepeda motor merk honda revo fit tahun 2011 warna hitam BE 4831 YV milik korban sebagaimana tertuang di dalam LP di Polsek Sukarame dijelaskan dibagian atas berita ini.

Selain itu tersangka juga mengakui bahwa dia telah tiga kali melakukan aksi pencurian sepeda motor di wilayah Kota Bandar Lampung, serta sepuluh kali di wilayah hukum Polres Metro, dan saat ini unit Reskrim Polsek Sukarame terus melakukan pengembangan terhadap pelaku. Bersama tersangka yang diamankan polisi pada saat dilakukan penangkapan ada dua unit sepeda motor. “Kita akan terus melakukan pengejaran terhadap pelaku-pelaku kejaharat khususnya pelaku 3C atau curas, curat dan curat ranmor,” pungkas Kompol Warsito. (RD/*)

Komentar

Realita Lampung