oleh

Dewan Agendakan Pengesahan 4 Raperda, Adakah Perda Ripparda

Realita Lampung – Upaya para wakil rakyat di DPRD Lampung Utara untuk mewujudkan program pembentukan peraturan daerah menjadi peraturan daerah guna menggali potensi daerah disektor pariwisata tahun ini dirampungkan.

Redy Apriansyah Kabid Pariwisata Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Lampung Utara, bahwa propemperda tentang Rencana Induk Pengembangan Pariwisata Daerah (Ripparda) tengah dibahas di DPRD setempat untuk menjadi Peraturan Daerah (Perda).

“Ripparda masih menunggu penetapan draft Raperdanya untuk jadi Perda, mudah-mudahan tahun ini bisa ditetapkan dan enggak ada halaangan serta hambatan,” ujarnya, serya mengatajan saat ini tengah dalam proses propemperda, untuk Raperda kita lagi nunggu giliran,” kata Redy Apriyansah.

Disisi lain, Agung Utomo Anggota DPRD Lampung Utara yang merupakan salah satu tim pembahasan tentang beberapa Raperda di daerah tersebut mengatakan, bahwa pada Selasa (15/6/2021) DPRD melalui Badan Musyawarah (Banmus) akan kembali melaksanakan rapat dan rencana akan mengesahkan empat peraturan daerah di kabupaten setempat.

“Ada jadwal Banmus mengesahkan empat Raperda pada hari Selasa 15 Juni 2021, mungkin diantaranya tentang Ripparda,” kata Agung Utomo.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Lampung Utara mengungkapkan, bahwa Disporapar pada tahun 2018 – 2020 lalu telah mendapatkan realisasi Dana Alokasi Khusus (DAK) dari Kementerian Pariwisata. Namun karena terkendala Ripparda alokasi bantuan tersebut tidak bisa terserap.

Pengajuan untuk diperdakannya Ripparda sudah disampaikan semenjak tiga tahun yang lalu. Semestinya kita sudah mendapatkan realisasi DAK untuk pengembangan pariwisata. Tapi karena Ripparda kita belum ada, bantuan itu tidak bisa diterima, ungkapnya. (RD/*)

Komentar

Realita Lampung