oleh

Petani Pulung Kencana Bakal Berjaya Berkat P3TGAI

Realita Lampung, Tubaba – Kelompok Tani (Poktan) Sri Makmur, Tiyuh (Desa) Pulung Kencana, Kecamatan Tulang Bawang Tengah, Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) kini sedang mengerjakan proyek irigasi perairan sawah. Hingga hari ini, Sabtu, 19 Juni, 2021 proyek itu sudah dikerjakan hingga 70 persen.

Proyek yang merupakan Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI) ini iyalah salah satu upaya Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-PR) dalam mensejahterakan para petani.

Pebri Arianto, Petani di Tiyuh setempat mengucapkan rasa terimakasihnya pada pemerintah, karena program tersebut dapat melancarkan perairan ke lahan pertaniannya.

“Terimakasih pada pemerintah, berkat program P3-TGAI aliran perairan semakin lancar, sehingga lahan pertanian kami tidak kesulitan air,” katanya.

Selain itu, Basri Ketua Kelompok Tani Sri Makmur mengatakan pembangunan dikerjakan dengan metode swakelola, dengan anggaran Rp195 Juta.

“Panjang irigasi 870 Meter, proyek ini merupakan tipe A-B, dan sudah kami kerjakan sesuai prosedur juklak dan juknis yang ada,” ucapnya saat diwawancarai wartawan.

Meski panjang pembangunan ini mencapai ratusan meter, namun Basri mengaku masih banyak sawah yang belum memiliki irigasi.

“Saya harap Tiyuh kami kembali mendapat bantuan proyek P3-TGAI ini kembali, karena dari proyek yang ada belum cukup untuk mengkafer seluruh sawah para petani,” harapnya.

Ketua Poktan ini juga meminta masyarakat petani yang merasakan manfaat proyek dapat menjaga proyek tersebut.

“Masyarakat harus merawat irigasi ini, karena atas proyek ini juga manfaatnya begitu dirasakan oleh para petani,” tandasnya. (JL/RD)

Komentar

Realita Lampung