oleh

Rutan Menggala Vaksin 250 Warga Binaan

TULANG BAWANG (RL) : Jajaran pegawai Kemenkum HAM di Rumah Tahanan Rutan (Rutan) Kelas IIB Menggala, Kabupaten Tulang Bawang memberikan vaksinasi terhadap 250 orang warga binaan.

Pelaksanaan vaksinasi covid-19 untuk 250 orang warga binaan pemasyarakatan atau WBP ini belangsung di Rutan setempat, Senin (12/7/2021).

Pemberian vaksin untuk WBP ini, merupakan kerjasama pihak Rutan Menggala dengan Kodim 0426 Tulang Bawang bersama jajaran dari Dinas Kesehatan Kabupaten Tulang Bawang.

Kepala Rutan Menggala, Gowim Mahali mengatakan, awalnya warga binaan banyak yang merasa takut dan tidak ingin ikut dalam program vaksinasi tersebut. Karena alasan mereka cukup beragam, diantaranya dikarenakan takut terhadap jarum suntik, dan mendapatkan informasi yang keliru terhadap program vaksin covid-19 yang tengah dilaksanakan pemerintah.

Tadinya banyak yang takut untuk di vaksin, tapi setelah mendapatkan penjelasan oleh petugas, mereka mengerti dan ingin mengikuti kegiatan ini, ungkap Gowing saat ditemui disela-sela pelaksanaan vaksin seraya mengatakan hasil pelaksanaan pemberian viksin terhadap WBP hari ini sebanyak 250 orang WBP di Rutan Kelas IIB Menggala sudah menerima vaksinasi covid-19 pada tahap pertama.

Semoga setelah terlaksananya vaksinasi covid-19 di Rutan Menggala ini dapat terbentuk herd Immunity di lingkungan Rutan khususnya para warga binaan, ujarnya.

Meskipun, lanjutnya, pihak rutan telah mentiadakan kunjungan langsung (besuk) sejak bulan Februari 2020 lalu, tapi pihaknya masih tetap menerima tahanan baru yang berstatus A3 (Tahanan Pengadilan) maupun yang sudah inkrah, imbuhnya.

Pihaknya juga berharap, terlaksananya program vaksinasi covid -19 ini Warga Binaan Permasyarakatan Rutan Kelas llB Menggala lebih bertambah daya tahan tubuhnya dari penyakit bagi yang sudah di vaksin.

Gelombang pertama ini, lanjutnya, baru 250 orang Warga Binaan Pemasyarakatan kami yang divaksin, mudah-mudahan di gelombang berikutnya bisa dilaksanakan sehingga seluruh warga binaan pemasyarakatan. Untuk jumlah WBP di Rutan Kelas IIB Menggala saat ini berjumlah 415 orang.

Dia bersama jajarannya menyampaikan ucapan terimakasih kepada Kodim 0426 Tulang Bawang dan pihak Dinas Kesehatan yang telah memberian vaksin kepada WBP di Rutan Kelas IIB Tulang Bawang. (M9G/RD)

Komentar

Realita Lampung