oleh

DPO 3 Tahun Berhasil Diringkus Tanpa Perlawanan

PRINGSEWU (RL) : Jajaran Kepolisian Sektor Pagelaran Polres Pringsewu berhasil meringkus DPO pelaku tindak pidana pencurian dengan kekerasan yang terjadi pada tahun 2018 lalu. DPO berinisial Ai 27 tahun itu merupakan warga Pekon Tanjung Kemala, Kecamatan Pugung, Kabupaten Tanggamus, dia dibekuk Team Khusus Anti Bandit (Tekab) 308 Unit Reskrim Polsek Pagelaran pada Senin (12/7/2021) malam.

Kapolsek Pagelaran, AKP Safri Lubis, SH, saat dikonfirmasi membenarkan pihaknya telah mengamankan seorang pelaku curas berinisial AI tersebut atas dugaan telah melakukan tindak pidana pencurian dengan kekerasan bersama seorang rekannya berinisial AG yang saat ini sudah menjalani hukuman (telah di vonis).

“Benar, tadi malam kami telah berhasil mengamankan seorang DPO kasus curas berinisial AI. Pelaku kami amankan tanpa melakukan upaya perlawanan saat sedang berada dirumahnya,” kata AKP Safri Lubis, SH, mewakili Kapolres Pringsewu, AKBP Hamid Andri Soemantri, SIK, Selasa (13/7/2021).

Dijelaskan Kapolsek, pelaku diduga telah melakukan upaya pencurian dengan kekerasan (Curas) modus begal di Jalan Umum Pekon Candiretno, Kecamatan Pagelaran pada hari Sabtu 14 April 2018 yang lalu, DPO melakukan aksinya terhadap satu unit sepeda motor Yamaha Mio BE 6085 UM yang di dikendarai oleh seorang pelajar SMP yang masih berusia 13 tahun saat itu koran bersama keponakanya yang masih berusia 6 tahun.

Lanjut Kapolsek, kronologis kejadiannya bermula saat itu korban bersama keponakannya sedang mengendarai sepeda motor dan melintas di TKP lalu dihadang oleh pelaku, namun saat itu korban tidak mau berhenti. Karena korban tidak mau berhenti kemudian pelaku langsung mendorong sepeda motor yang dikendarai korban hingga terjatuh, pada saat pelaku hendak mengambil sepeda motor korban, salah seorang korban berteriak minta tolong dan didengar warga sekitar.

Mengetahui banyak warga yang berdatangan para pelaku berupaya melarikan diri, namun apesnya salah seorang pelaku berinisial AG akhirnya berhasil dikejar dan diamankan warga berikut sepeda motor yang dipergunakan saat melakukan aksi kriminalnya, sedangkan AI saat itu berhasil melarikan diri melewati areal persawahan.

“Sesaat setelah melakukan aksi kriminalnya salah seorang pelaku berhasil diamankan warga sedangkan satu pelaku lain berhasil melarikan diri,” terang Kapolsek.

Dari hasil pemeriksaan terdahulu, kata Kapolsek meneruskan, pelaku AG mengakui melakukan aksi curas itu dilkukannya bersama AI, namun pada saat dilakukan upaya penangkapan ternyata AI telah melarikan diri kepulau jawa.

“Setelah melakukan aksi pelarian sekitar tiga tahun lamanya di pulau jawa, kami mendapatkan informasi bahwa pelaku AI telah kembali pulang kerumahnya. Berbekal informasi tersebut Reskrim Polsek Pagelaran langsung melakukan upaya penangkapan terhadap pelaku,” paparnya. “Motif pelaku melakukan aksi begal karena butuh uang untuk berfoya-foya,” tambah Kapolsek

Kapolsek menyampaikan, untuk proses hukum lebih lanjut pelaku digelandang ke Mapolsek Pagelaran guna mempertanggungjawabkan perbuatanya. “Pelaku dituntut dengan Pasal 365 jo pasal 53 KUHP dengan ancaman hukuman maksimal 9 tahun penjara,” pungkasnya. (Sahlani/RD)

Komentar

Realita Lampung