oleh

Meriahkan HUT RI Ke-76, Rutan Sukadana Gelar Lomba Jasmani dan Rohani

Realita Lampung (RL) : Serangkai kegiatan pegawai Kementerian Hukum dan Hak Azasi Manusia di rumah tahanan negara (Rutan) Sukadana, Lampung Timur menyambut peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia Ke 76 tahun 2021.

Berbagai kegiatan itu menurut Kepala Rutan Sukadana, Jumadi dilaksanakan dengan penerapan protokol kesehatan ketat dari jajarannya. Di momen HUT RI Ke 76 tahun 2021 ini, digelarnya beberapa cabang olahraga yang diikuti oleh para warga binaan pemasyarakatan (WBP) di Rutan setempat.

Diantaranya, kata Jumadi digelarnya lomba futsal, voli, tenis meja, bilyar, karambol, dan lomba Adzan, membaca Iqro. Selain itu juga dilaksanakan lomba kebersihan dan kerapihan kamar serta beragam lomba hiburan lainnya.

Lanjutnya, selain kegiatan-kegiatan tersebut juga telah dilaksanakan program test urine terhadap WBP yang akan diasimilasikan sebagai bentuk pelaksanaan program Dirjen Pemasyarakatan yaitu deteksi dini pencegahan gangguan kamtib oleh Kepala Kesatuan Pengamanan yaitu Rubyanto dan jajaran pengamanan Rutan setempat lainnya.

Disampaikannya juga, selain itu kegiatan pembinaan dan pengamanan harus selalu sinergi, dua sisi ini tak bisa dipisahkan, pembinaan tak bisa berjalan tanpa ada pengamanan, begitu juga sebaliknya. Kami juga intens melakukan kegiatan pembinaan berupa giat olahraga rutin, pondok pesantren dan pengajian rutin, kesenian kuda lumping, konseling oleh petugas terhadap warga binaan berupa program salam pas dan kegiatan-kegiatan pembinaan lainnya, papar Jumadi.

Ditanbahkannya, kegiatan rutin lainnya, seperti dilaiukannya pelaksanaan pengamanan baik razia atau penggeledahan. Hal ini baik untuk mencegah masuknya narkoba, senjata tajam dan barang terlarang lainnya.

Untuk kegiatan test urine, tambah Jumadi dilaksanakan secara acak baik terhadap warga binaan dan pegawai, ini dilaksanakan guna mendukung program Dirjenpas yaitu deteksi dini untuk bebas dari narkoba, ungkapnya. (Rls/RD)

Komentar

Realita Lampung