oleh

Kemdikbudristek Sosialisasi Implementasi Program Kesiapan Bersekolah

Bunda PAUD Lampung Utara bersama Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan mengikuti sosialisasi implementasi program kesiapan bersekolah.

Realita Lampung (RL) : Bunda PAUD Kabupaten Lampung Utara bersama Kepala Dinas Pendidikan dan Kepala Bidang PAUD dan PNF mengikuti sosialisasi implementasi program kesiapan bersekolah yang dilaksanakan Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini Direktorat Jenderal PAUD, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah (Kemdikbudristek).

Sosialisasi implementasi program kesiapan bersekolah yang dilaksanakan secara virtual zoom meeting oleh Kemdikbudristek ini diikuti Bunda PAUD Kabupaten Lampung Utara, Hj. Nur Endah Sulastri, S. Pd, MM, bersama Yeni Sulistina selaku Kepala Bidang PAUD dan PNF mewakili Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan setempat dari Rumah Dinas Jabatan Bupati, Rabu (18/8/2021).

Disampaikan, Yeni Sulistina bahwa program ini sangat penting karena berisi proses untuk mendukung kesiapan belajar bagi anak usia dini yang akan memasuki SD.

Proses inilah yang dapat mempengaruhi keberhasilan anak dalam melakukan penyesuaian di jenjang pendidikan dasar, ungkap Yeni Sulistina.

Lebih lanjut dikatakan Kabid PAUD dan PNF Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lampung Utara, pendidikan anak usia dini sebagai pondasi awal membutuhkan kesinambungan stimulasi aspek sosial emosional, fisik motorik, literasi dan numerasi yang dibutuhkan dikelas rendah agar terjadi kematangan pada kemampuan yang dibutuhkan pada kelas atas, ujarnya.

Terdapat miskonsepsi terhadap anak usia dini yang mengikuti PAUD, karena seringkali anak dituntut untuk dapat membaca, menulis dan berhitung (calistung) pada saat memasuki SD, jelasnya.

Bahkan, sambung Yeni Sulistina, banyak SD yang memberikan syarat masuk sekolah dengan menggunakan tes calistung. Sehingga tidak sedikit orang tua yang menuntut kepada guru PAUD agar anaknya dapat diajarkan membaca, menulis dan berhitung pada layanan PAUD, agar bisa diterima di SD.

Untuk itu diperlukan koordinasi dan komunikasi efektif antara guru PAUD dan guru SD kelas rendah, yang didukung oleh peran serta orang tua dalam rangka menyiapkan anak untuk bersekolah dengan membentuk Forum Komunikasi PAUD – SD.

Dengan adanya Program Kesiapan Bersekolah ini akan terbangun ekosistem pendidikan yang positif, yang mendorong terjadinya transisi PAUD – SD yang baik, paparnya. (ADV)

Komentar

Realita Lampung