oleh

Temuan BPK, Jalan Penghubung yang Dikerjakan PU-PR Tubaba Mulai Rusak

Pembangunan jalan penghubung menjadi temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Tubaba (RL) : Ruas jalan dari simpang Tugu Rato, Kelurahan Panaragan Jaya, Kecamatan Tulang Bawang Tengah menuju Tiyuh (Desa) Kagungan Ratu, Kecamatan Tulang Bawang Udik yang dibangun pada tahun 2019 silam mulai mengalami kerusakan.

Jalan milik Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PU-PR) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tulang Bawang Barat (Tubaba) itu dikerjakan oleh PT. Reksa Jaya Indah yang diserah terimakan pada 5 September 2019 ini diketahui menjadi salah satu dari 10 proyek temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Lantaran menjadi temuan BPK karena terdapat kerugian negara, akhirnya hasil proyek jalan tersebut tidak bertahan lama, sehingga berdasarkan pantawan wartawan Senin, 23 Agustus, 2021, kini mulai mengalami kerusakan.

Buktinya, keretakan dan lubang jalan mulai terlihat dibeberapa titik. Rusaknya jalan itu membuat warga setempat menanggulangi dengan mengecor sejumlah lubang yang mulai membesar itu.

Menurut Eko warga Rt-03 Rw-01 Tiyuh Kagungan Ratu membenarkan terjadinya kerusakan pada sejumlah titik jalan yang tepat berada di depan kediamannya itu.

“Tahun 2019 jalannya dibangun. Kalau kerusakan ada beberapa yang sudah bolong, retak-retak juga,” ujarnya pada wartawan.

Karena mulai terjadi kerusakan, Eko berharap segera adanya perbaikan sehingga keretakan maupun lubang yang sudah ada tidak meluas.

“Ya kalau ada kerusakan cepat diperbaiki,” harapnya singkat.

Diketahui, proyek jalan dengan kontrak nomor 600/S-01/KONTRAK/PU/TUBABA/IX/2018 itu berpagu anggaran senilai Rp12.129.300.000.00 ini menjadi temuan BPK pada hasil audit lantaran terjadi pengurangan volume, sehingga menimbulkan kerugian negara. (JL/RD)

Komentar

Realita Lampung