oleh

Disdikbud Optimalkan Peran PKG Dalam Pengimbasan LBB

Upaya Disdikbud Lampung Utara dalam Mengoptimalkan Peran PKG untuk Mewujudkan Lingkungan Belajar Berkualitas pada satuan PAUD.

Lampung Utara (RL) : Upaya Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lampung Utara dalam mengoptimalkan peran pusat kegiatan gugus (PKG) untuk pengimbasan materi Lingkungan Belajar Berkualitas selesai dilaksnakan.

Pendampingan pengimbasan pengelolaan lingkungan belajar berkualitas bagi pendidik dan tenaga kependidikan PAUD di 23 Kecamatan selesai dilaksanakan jajaran Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lampung Utara hampir 20 hari.

Menurut Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lampung Utara, Mat Soleh melalui Kepala Bidang PAUD dan PNF, Yeni Sulistina, kegiatan ini dilaksanakan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Lampung Utara melalui Bidangnya telah berlangsung sejak Selasa 24 Agustus 2021 hingga Jum’at 10 September 2021.

Kegiatan ini dilakukan di 23 Kecamatan se-Kabupaten Lampung Utara, dan pendampingannya dilakukan kepada para pengurus PKG dalam melaksanakan kegiatan pengimbasan materi kepada gugus PAUD dan pada implementasi program lingkungan belajar berkualitas di satuan PAUD, ungkapnya.

Lebih lanjut, Yeni Sulistina menjelaskan bahwa salah satu tujuan dilaksanakannya pendampingan ini adalah untuk mengoptimalkan peran Pusat Kegiatan Gugus (PKG) dalam mengimbaskan materi lingkungan belajar berkualitas kepada gugus PAUD, sehingga cita-cita untuk mewujudkan terselenggaranya lingkungan belajar berkualitas di satuan PAUD dapat tercapai, paparnya.

Para peserta bimtek lingkungan belajar berkualitas harus melaksanakan pengimbasan ke semua pendidik dan tenaga kependidikan di wilayahnya masing-masing, agar semua pendidik dan tenaga kependidikan PAUD tidak miskonsepsi dengan definisi PAUD Berkualitas.

Karena, lanjutnya, sering kali kita beranggapan bahwa PAUD berkualitas itu adalah PAUD yang memiliki bangunan besar, mewah, dengan beragam alat bermain dan memakai seragam sekolah. Terkadang kita mengatakan PAUD berkualitas jika dapat mengajarkan anak untuk membaca, menulis dan berhitung (calistung), dan sebagainya.

Padahal, sambung Atu, sapaan akrab Yeni Sulistina ini menjelaskan, suatu PAUD dapat dikatakan berkualitas manakala mempunyai lingkungan belajar yang aman, nyaman serta mampu memfasilitasi anak agar berkembang dengan utuh.

Secara garis besar, ada 2 layanan yang harus mendapatkan perhatian, yaitu Kualitas Layanan Proses Pembelajaran dan Kualitas Layanan Pengelolaan Satuan Pendidikan.

Untuk itu, maka kegiatan ini menjadi suatu kegiatan yang sangat penting dan sangat banyak manfaatnya bagi kemajuan pendidikan anak usia dini di Lampung Utara.

Semoga melalui rangkaian kegiatan yang dimulai dari Pelaksanaan Bimbingan Teknis hingga Pendampingan Pengimbasan Pengelolaan Lingkungan Belajar Berkualitas ini kita bisa mewujudkan layanan PAUD berkualitas, pungkas Yeni Sulistina.

Diketahui rangkaian kegiatan tersebut berjalan sejak 24 Agustus 2021 lalu, dan sosialisasi fasilitasi berdasarkan standar nasional pendidikan (SNP) untuk mewujudkan lingkungan belajar berkualitas dalam mencegah ketertinggalan dalam belajar (Learning Lost) yang berlangsung cecara virtual zoom dirumah Jabatan Bupati Lampung Utara bersama BP PAUD dan Dikmas Provinsi Lampung pada, Senin 6 September 2021 lalu.

Selain pada sekolah-sekolah PAUD kegiatan yang dilaksanakan tersebut juga dilangsungkan di STIE Ragam Tunas Lampung untuk kegiatan bimtek pengelolaan lingkungan belajarnya, dan kegiatan itu diadakan pada tanggal 19 sampai dengan 20 Agustus 2021. (RD/*)

Komentar

Realita Lampung