oleh

Janji Politik Arinal Djunaidi Mulai Dirasakan Warga Tubaba

Janji Program Petani Berjaya Gubernur Lampung Arinal Djunaidi mulai dirasakan warga Tubaba

Tubaba (RL) – Janji politik Arinal Djunaidi Gubernur Lampung yang digaung-gaungkannya pada masa kampanye lalu akhirnya mulai dirasakan masyarakat Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba).

Salah satu janji politik itu iyalah ‘Petani Berjaya’. Hari ini Selasa, 14 September 2021 ribuan petani di tiga kecamatan se-Kabupaten Tubaba yang diantaranya Kecamatan Tumijajar, Kecamatan Tulang Bawang Udik dan Kecamatan Tulang Bawang Tengah menerima kartu petani berjaya tersebut.

Dari tiga kecamatan itu, terdata sebanyak 6500 dari 7000 petani yang teregistrasi mendapatkan kartu petani berjaya ini. Sedangkan 500 lainnya belum mendapat kartu itu.

Untuk diketahui, Kartu petani berjaya iyalah pilot projek yang berguna untuk petani dalam menerima berbagai macam jenis bantuan seperti pupuk, bibit maupun peralatan pertanian lainnya.

Dalam program ini, Gubernur Lampung merealisasikannya kepada petani melalui Dinas Pertanian Kabupaten Tubaba yang bekerja sama dengan Cabang Bank BNI-46.

Kepala Dinas Pertanian Tubaba, Syamsul Komar berharap program ini dapat mendongkrak hasil pertanian di Lampung, sehingga memiliki kualitas dan daya jual sesuai yang diharapkan para buruh petani.

“Melalui program ini dapat mendekatkan Produsen dan Konsumen agar tataniaga mereka lebih mudah atau pendek, dan petani akan mudah untuk mengakses tempat mereka akan menjual hasil pertanian atau membeli peralatan dan kebutuhan pertanian tersebut,” ujar Syamsul Komar saat membagikan kartu petani berjaya bersama petugas Bank BNI Cabang Daya Murni pada Selasa, 14 September, 2021.

Syamsul Komar juga mengatakan, penyaluran kartu petani berjaya ini dilakukan secara bertahap. Bahkan, pada tahun 2022 mendatang program ini ditargetkan dapat diterima seluruh petani di Tubaba.

“Penyerahan Kartu Petani Berjaya juga dibarengi dengan penyerahan buku rekening yang diberikan langsung kepada petani tersebut. Kartu Petani Berjaya diharapkan dapat Tepat Guna, Tepat Jumlah, Tepat Mutu, Tepat Waktu,Tepat Tempat,Tempat Harga,Tepat Jenis. Petani juga akan dimudahkan dalam mendapatkan program Kredit Usaha Rakyat (KUR) melalui Bank BNI 46 yang ada diwilayah Lampung,” tandasnya. (JL/RD)

Komentar

Realita Lampung