oleh

Lapas Gunung Sugih Bersama BPBD Gelar Simulasi Pemadaman Api

Penguatan Kemanan dan Ketertiban, Lapas Kelas IIB Gunung Sugih Gandeng Badan Penanggulan Bencana Daerah Kabupaten Lampung Tengah

GUNUNG SUGIH (RL) : Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Gunung Sugih bersama Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lampung Tengah melaksanakan simulasi pemadam kebakaran guna penguatan keamanan dan ketertiban di dalam dan pada sekitar Lapas.

Kegiatan penguatan keamanan dan ketertiban berlangsung dengan semangat dan tetap menerapkan protokol kesehatan dan dilaksanakan di Aula Dr. Sahardjo, S.H. Lapas Kelas IIB Gunung Sugih, Selasa (14/9/2021).

Ada yang berbeda dengan kegiatan ini, karena Lapas Gunung Sugih kali ini menggandeng Badan Penanggulan Bencana Daerah Kabupaten Lampung Tengah dalam memberikan penguatan secara langsung.

Kegiatan yang diikuti oleh seluruh petugas Lapas kelas IIB, Denial Arif selaku Kalapas Gunung Sugih memulai langsung acara tersebut. Agenda ini merespon terkait musibah di Lapas Kelas I Tanggerang dan sesuai arahan Dirjenpas, Reynhard Silitonga dalam deteksi dini gangguan Kamtib. Lapas Gunung Sugih mengevaluasi tentang faktor-faktor penyebab musibah dan pencegahan serta langkah-langkah yang harus di lakukan oleh petugas Lapas.

Dalam kegiatan tersebut pemberian Materi pertama disampaikan oleh bapak Wakil BPBD Kab. Lampung Tengah, Abror. Beliau menyampaikan secara langsung tentang manejemen keselamatan atau mitigasi bencana khususnya bencana kebakaran.

Usai pemberian materi dilanjutkan dengan praktek langsung oleh Instruktur BPBD Lampung Tengah, Isrianto yang diikuti oleh Kalapas, Pejabat, Staf dan seluruh regu pengamanan serta WBP khusus petugas dapur tentang simulasi pemadaman api dan penggunanan alat pemadam kebakaran seperti kain basah atau karung basah dan tabung APAR.

Disela kegiatan bapak Wakil BPBD memberikan himbauan ,agar jangan gupek, tidak perlu panik, tetap jalankan SOP tentang penganggulangan bencana kebakaran khusunya di dalam Lapas.

“Ucapan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada BPBD Kab. Lampung Tengah atas ilmu yang sangat bermanfaat bagi kami petugas di Lapas Gunung Sugih” sahut Denial Arif. (Rls/RD)

Komentar

Realita Lampung