oleh

Masyarakat Desa Sadar Wijaya Kobarkan Semangat Gotong Royong

Lampung Timur (RL) : Masyarakat Desa Sadar Wijaya, Kecamatan Bandar Sribawono, Kabupaten Lampung Timur, Provinsi Lampung melaksanakan kegiatan rutin bersih-bersih lingkungan desa dengan terus mengobarkan semangat kebersamaan kepada para generasi muda.

Kegiatan gotong royong bersih desa ini terpantau pada, Selasa (21/9/2021) terus dilaksanakan aparat pemerintahan desa bersama aparat kepolisian (Bhabinkamtibmas) setempat.

Disampaikan Susanto, Kepala Dusun 12 Desa Sadar Wijaya, bahwa kegiatan gotong royong di desa itu rutin dilakukan secara bersama oleh masyarakat dan itu digiatkan dari Dusun 1 hingga Dusun 14 Desa Sadar Wijaya.

“Sangat rutin, warga selalu mengikuti kegiatan gotong royong semacam ini. Makanya desa ini terlihat sangat maju dan bersih,” ujarnya.

Lebih lanjut, Susanto mengungkapkan, di bawah pimpinan Santoso selaku Kepala Desa Sadar Wijaya, aparat pemerintahan desa selalu diingatkan tentang disiplin dan menjaga lingkungan agar selalu bersih.

“Di bawah pimpinan pak Santoso Desa Sadar Wijaya ini patut diteladani, karena desa ini sudah terlihat sangat maju dan bersih. Pak Kades juga selalu mengingatkan agar disiplin masuk kantor dan jam piket kepada jajarannya, begitu juga dengan lingkungan agar bersama-sama menjaga kebersihannya,” papar Susanto.

Dikesempatan giat gotong royong itu, Suwanto selaku Bhabinkamtibmas Desa Sadar Wijaya mengatakan, ditengah masa pandemi seperti saat ini selain dari menjaga imunitas tubuh tentunya menjaga kebersihan juga merupakan hal penting.

Untuk itu dukungan atas kegiatan rutin gotong royong masyarakat itu dalam menjaga lingkungan bersih mendapatkan support darinya. Karena dengan bergotong royong secara tidak langsung kegiatan itu juga sudah merupakan bentuk positif dalam menjaga imunitas tubuh karena telah berolahraga.

Meskipun demikian, lanjutnya, penerapan protokol kesehatan tetap dilakukan. Hal ini guna mengantisipasi dan menjaga agar penyebaran covid-19 tidak terjadi dimasyarakat desa setempat.

Dia juga menyampaikan imbauannya agar masyarakat selalu mentaati peraturan tentang protokol kesehatan, menghindari berbagai kegiatan yang bisa menimbulkan efek negatif ditengah-tengah masyarakat yang bisa merugikan diri sendiri dan keluarga. Selain itu diharapkannya masyarakat dapat terus bersama-sama menggelorakan semangat gotong royong dalam menjaga kebersihan desanya.

Ditengah masa pandemi seperti saat ini, tambahnya, kita harus tetap menjaga protokol kesehatan meskipun di wilayah Kabupaten Lampung Timur kegiatan sudah agak dilonggarkan, ini tentunya agar masyarakat bisa melakukan aktivitas seperti biasa namun dengan penerapan protokol kesehatan. (Harun Alrasyid)

Komentar

Realita Lampung