oleh

Warga Binaan Rutan Kotabumi Rutin Menerima Perlengkapan Mandi

Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Kotabumi kembali memberikan Hak Dasar seluruh Warga Binaan Pemasyarakatan.

Lampung Utara (RL) Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Kotabumi berkomitmen memberikan pemenuhan kebutuhan dasar kepada seluruh Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) secara rutin dan berkala seperti perlengkapan mandi.

Kepala Rutan Kelas IIB Kotabumi, Mukhlisin Fardi menyampaikan, bahwa kegiatan pemenuhan hak dasar Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) tentang kebutuhan kebersihan, untuk itu dilakukan secara rutin dan berkala setiap bulannya agar seluruh warga binaan pemasyarakatan yang ada di Rutan dapat terjaga kebersihan dan kesehatan dirinya.

“Kami juga selalu menghimbau serta mengajak kepada seluruh petugas dan warga binaan pemasyarakatan agar dapat menjaga serta merawat kebersihan dan kesehatan diri, selain kita membagikan perlengkapan alat mandi tentu kami juga selalu memperhatikan ketersedian air yang cukup untuk seluruh warga binaan pemasyarakatan,” kata Mukhlisin Fardi, Sabtu (25/9/2021).

Kemudian, lanjutnya, di Rutan setempat juga memiliki Poliklinik dan petugasnya yang selalu siap siaga penuh selama 24 jam untuk melayani kebutuhan kesehatan warga binaan pemasyarakatan walaupun dengan segala keterbatasan yang ada.

Ditempat yang berbeda, Sabar Anju Padang sebagai Kasubsi Pelayanan Tahanan menjelaskan, kegiatan membagikan perlengkapan alat mandi merupakan perintah lansung Kepala Rutan Kotabumi.

Lanjutnya, karena selain pemenuhan hak dasar warga binaan pemasyarakatan (WBP) ini salah satu cara kami untuk mencegah penularan dan penyebaran Covid-19 serta mencegah, mengurangi serta memutus mata rantai penyakit kulit agar warga binaan tidak saling memakai alat mandi bersamaan.

Adapun perlengkapan alat mandi yang dibagikan kepada warga binaan pemasyarakatan tersebut berupa sabun mandi, shampo, pasta gigi dan sikat gigi, jelasnya.

DisampaikannDidik Caroko sebagai Perawat Kesehatan Rutan Kotabumi yang memberikan imbau kepda seluruh warga binaan pemasyarakatan agar dapat menjaga kesehatan dan kebersihan diri serta lingkungannya.

Setiap pagi serta sore kami dari pihak petugas kesehatan Rutan selalu melakukan pengecekan kebersihan kamar hunian dan kesehatan seluruh warga binaan pemasyarakatan agar mereka semua mendapatkan pelayanan kesehatan yang maksimal, ungkapnya.

Beberapa warga binaan tampak sumringah ketika mendapatkan perlengkapan alat mandi, mereka juga menyampaikan ungkapan terimakasih kepada Kepala Rutan dan seluruh Pegawai Rutan setempat. (RL/*)

Komentar

Realita Lampung