oleh

Pagelaran Cangget Bara dan Kotabumi Art Festival Berlangsung Meriah

Lampung Utara (RL) :  Pagelaran Kotabumi Art Festival ke-4 dan Cangget Bara Festival ke-2 tahun 2021 dengan menampilkan tari-tarian dari berbagai daerah sukses di gelar.

Pelaksanaan acara Kotabumi Art Festival Ke-4 dan Cangget Bara Festival ke-2 tahun 2021 berlangsung di Satdion Sukung Kotabumi pada, Rabu (29/9/2021) malam, dalam acara ini disajikan berbagai tarian, dan acara bertambah meriah ketika praktek tarian Cangget Lampung yang merupakan tarian seni adat budaya masyarakat lampung yang terus dilestarikan hingga saat ini disajikan.

Dalam kegiatan ini ditampilkan tarian, nyanyian dan musik khas lampung yang diselenggarakan dalam acara besar bagi orang lampung, cangget adalah jati diri sebuah identitas yang melekat di diri masyarakat lampung ketika melaksanakan acara adat, dan dapat dikatakan cangget adalah seni pertunjukan pada masyarakat lampung tidak terlepas dengan peristiwa adat yang mengiringnya, dapat dikatakan sebagai peristiwa adat itu sendiri (Begawi).

Prosesi ini juga dapat diartikan bersamaan dengan adanya acara perkawinan maka beralih lah kedudukan kedua pengantin dengan cakak pepadun (Mupadun) yakni naik tahta adat, seni tersebut dipakai guna menemukan pola-pola persamaan dan perbedaan kebudayaan nusantara yang Bhinneka Tunggal Ika.

Acara ini juga dihadiri Bupati Lampung Utara, H. Budi Utomo, SE, MM, dan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Drs. Mat Soleh, bersama perwakilan forkopimda, tokoh adat lampung, tokoh pemuda dan tamu undangan.

Bupati Lampung Utara, Budi Utomo mengatakan, dalam menjaga dan melestarikan adat istiadat dan seni budaya lampung di Indonesia, kita harus terus melestarikan tradisi agar tidak tergeserkan oleh jaman.

“Saya sangat mendukung dan mengapresiasi art festival seperti ini, untuk penerus bangsa dapat terus melestarikan adat istiadat dan terus lah berkarya untuk memajukan bangsa,” ujarnya.

Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lampung Utara, Mat Soleh yang diwakili Nani Rahayu Selaku Kabid Kesenian dan Kebudayaan Disdikbud setempat mengatakan, dalam rangka menjaga dan melestarikan budaya yang ada tentnya pihak Disdikbud setempat mendukung berbagai program yang dilaksanakan masyarakat daerah itu agar dilestarikan guna mengenalkannya kepada penerus bangsa. Kegiatan ini dapat terus dilaksanakan dan generasi muda bisa terus berkarya dan melestarikan tradisi budaya yang ada, ujarnya. (Budi Irawan)

Komentar

Realita Lampung