oleh

Pererat Silaturahmi, Sultan Sekala Brak Kunjungi Tokoh-tokoh Lampung Abung

Lampung Utara (RL) : Sultan Sekala Brak Yang Di Pertuan Ke-23 Kepaksian Pernong mengunjungi tokoh-tokoh adata Lampung Pepadun (Lampung Abung) untuk terus bersama-sama meningkatkan silaturahmi dalam upaya mempertahankan nilai-nilai budaya adat lampung.

Kunjungan Paduka Yang Mulia (PYM) Saibatin Puniakan Dalom Beliau (SPDB) Pangeran Edward Syah Pernong gelar Sultan Sekala Brak Yang Di Pertuan Ke-23 Kepaksian Pernong ini di Lampung Utara pertama diadakan pertemuan di Rumah Dinas Bupati Lampung Utara bersama para tokoh tokoh adat setempat pada, Jum’at (1/10/2021).

Poto Sultan Sekala Brak Edward Syah Pernong bersama Bupati Lampung Utara, Budi Utomo dan wartawan.

Kemudian Sultan Sekala Brak Yang Di Pertuan Ke-23 Kepaksian Pernong, mengunjngi kediaman Ketua Badan Perwatin Lampung Pepadun Kotabumi Tigo Gandung, Ahmad Akuan Abung gelar Nadikiyang Pun Minak Yang Abung yang berada di Kotabumi Ilir, Kecamatan Kotabumi, Lampung Utara.

Dalam pertemuan itu Sultan Sekala Brak, Edward Syah Pernong menyampaikan kedatangannya hari ini, dalam rangka menjalin silaturahmi dengan tokoh adat untuk menyamakan persepsi dalam mempertahankan budaya adat Lampung agar tidak dilestarikan sehingga tidak tergerus dari ketidaktahuan, tergerus oleh penyimpangan dan tergerus oleh hal-hal yang tidak dikehendaki.

“Penyimbang-penyimbang ini yang diharapkan bisa mempertahankan nilai-nilai kekerabatan sebagai identitas kita,” ujara, seraya mengatakan, jika ada permasalahan di masyarakat agar mencarikan solusi yang baik sehingga bisa memperkuat kebersamaan.

Menyambut itu, Ahmad Akuan Abung gelar Nadikiyang Pun Minak Yang Abung menyampaikan bahwa kedatangan Sultan Sekala Brak, Edward Syah Pernong di Lampung Utara dalam rangka menjalin silaturahmi dan berbincang-bincang mengenai adat daerah setempat. Tentunya hal itu guna untuk menyamakan tujuan dalam melestarikan adat budaya lampung.

”Saya menyambut baik kedatangan PYM SPDB Pangeran Edward Syah Pernong untuk menjalin silaturahmi dengan tokoh-tokoh adat sebagai upaya menyatukan persepsi dalam melestarikan adat lampung,” ujarnya.

Di pertemuan itu juga Sultan Sekala Brak, Edward Syah Pernong memberikan cinderamata kepada Ketua Badan Perwatin Lampung Pepadun Kotabumi Tigo Gandung, Ahmad Akuan Abung sebagai tanda kebersamaan. (SS/YN)

Komentar

Realita Lampung