oleh

Warga Harapkan Jembatan Penghubung 2 Kampung Segera Dibangun

Lampung Tengah (RL) : Warga Kampung Muji Rahayu Kecamatan Seputih Agung mendambakan dibangunnya jembatan yang menghubungkan Kampung Muji Rahayu dan Kampung Candi Rejo. Bahkan harapan itu sudah diidamkan sejak puluhan tahun yang lalu.

Sekretaris Kampung Muji Rahayu Kecamatan Seputih Agung Eko menuturkan, sejak puluhan tahun yang lalu masyarakat berharap dibangun jembatan yang menghubungkan Kampung Muji Rahayu dan Kampung Candi Rejo. Kedua kampung selama ini terpisah oleh aliran sungai Way Pengubuan.

Dengan adanya jembatan akan memudahkan akses transportasi warga 3 kampung yakni Kampung Muji Rahayu, Kampung Gayau Sakti dan Kampung Dono Arum. Akses transportasi menjadi efesien jika jembatan dibangun. Bisa mempermudah untuk mengangkut hasil bumi menuju ke tempat lain.

Dia mengungkapkan, selama ini warga yang ingin membawa hasil bumi menempuh perjalanan yang cukup jauh. Dengan melewati kampung Gayau Sakti, Kampung Dono Arum, Kampung Simpang Agung, hingga ke Bandar Jaya menuju jalan raya lintas sumatera.

Eko yang didampingi Kepala Dusun (Kadus) IV Sarianto menjelaskan, hasil bumi masyarakat sekitar banyak yang dikirim ke sejumlah perusahaan seperti PT. Sinar Laut, PT. Bumi Waras dan Humas Jaya. Jarak tempuh yang memutar membuat biaya transportasi membengkak. Dan waktu tempuh juga bertambah.

“Kalau jembatan penghubung antara Kampung Muji Rahayu dan Kampung Candi Rejo dibangun, yang diuntungkan adalah warga 3 kampung. Yaitu kampung Muji Rahayu, Kampung Gayau Sakti dan Kampung Dono Arum,” jelas Eko kepada awak media, Selasa (05/10/2021).

Ditempat yang sama, Kadus IV Sarianto mengatakan keinginan masyarakat agar jembatan penghubung antara 2 kampung sangat besar. Keinginan itu sudah tertanam sejak puluhan tahun yang lalu.

“Sampai sekarang jembatan masih sebatas harapan dan keinginan masyarakat,” ujar Sarianto, yang diamini oleh Eko.

Eko melanjutkan, aparatur kampung sudah seringkali mengusulkan pembangunan jembatan penghubung. Bahkan usulan itu pernah disampaikan langsung kepada Bupati Kabupaten Lampung Tengah Musa Ahmad. Beberapa bulan lalu, ketika Bupati Musa mengunjungi Kampung Muji Rahayu sempat meninjau langsung lokasi yang diusulkan untuk dibangun jembatan.

Dilokasi itu, warga yang ingin menuju Kampung Candi Rejo menyeberangi sungai dengan memakai jasa perahu. Terdapat 1 perahu yang melayani warga setiap harinya. Hanya kendaraan roda dua yang bisa diangkut diatas perahu. Jalur itu dipilih warga karena merupakan akses terdekat menuju jalan lintas sumatera.

Masih kata Eko, setelah meninjau lokasi Bupati Musa meminta agar aparatur Kampung Muji Rahayu mengajukan proposal ke Pemkab Lampung Tengah. Proposal itu menurut Bupati akan dibahas lebih lanjut. Tetapi hingga saat ini belum ada kejelasan kapan jembatan itu dibangun.

“Bupati bilang akan menampung usul dari kami. Tapi sampai sekarang belum ada kabar sama sekali,” tutup Eko. (Willy Dirgantara)

Komentar

Realita Lampung