oleh

Siapkan Bekal Bebas, 25 Napi Mendapat Pelatihan Budidaya Ikan

Way Kanan (RL) : Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Way Kanan Provinsi Lampung kembali memberikan kegiatan pelatihan kemandirian tahap II kepada narapidana berupa pelatihan budidaya ikan.

Pada pelatihan kali ini napi diberikan bekal untuk budidaya ikan nila, sebelumnya pelatihan kemandirian pada tahap I mereka mendapatkan cara budidaya ikan lele yang dilaksanakan pada bulan Juni 2021 lalu.

Kegiatan terlaksana atas kerjasama dengan Dinas Perikanan Kabupaten Way Kanan yang dibuka langsung oleh Kepala Lapas Way Kanan, Syarpani di Aula Dr. Sahardjo, Selasa (5/10/2021) kemarin.

Syarpani menyampaikan agar peserta pelatihan dapat mengikuti kegiatan dengan serius dan tanggap karna nantinya mereka bisa menyebarluaskan lagi keterampilan dan kompetensi tersebut kepada Narapidana yang lain karena tidak semua Narapidana dapat mengikutinya.

“Kami berharap dari 25 peserta yang telah mengikuti kegiatan hari ini dapat mentransfer atau membagikan lagi ilmunya kepada Narapidana yang lain, sehingga jumlah Narapidana yang memahami tentang pelatihan budidaya ikan nila ini bisa bertambah,” ujar Syarpani

Kepala Lapas Way Kanan ini menambahkan bahwa kegiatan pelatihan budidaya ikan nila dinilai bisa menjadi modal keterampilan narapidana setelah menjalankan hukum dan bisa menyesuaikan pada saat kembali ke masyarakat.

“Jadikanlah pelatihan ini sebagai sarana untuk mendapatkan ilmu berwirausaha yang baik dan nantinya dijadikan peluang usaha disektor perikanan, bukan sekedar untuk ikut kegiatan saja namun untuk benar-benar meningkatkan keahlian, dimana diharapkan setelah bebas dari Lapas kalian sudah memiliki keahlian yang bisa dijadikan bekal untuk menyambung hidup,” kata Syarpani.

Sementara itu, penyuluh perikanan dari Dinas Perikanan Kabupaten Way Kanan, Hendy DS menyampaikan, bahwa pelatihan dibagi dalam dua tahap, indoor materi tertulis dan outdoor materi praktik.

“Pelatihan dibagi dalam dua tahap, indoor materi tertulis dan outdoor materi praktik, tim kami akan memberikan materi sesuai porsi masing-masing,” ujar Hendy.

Adapun perugas penyuluh dari Dinas Perikanan sebanyak 4 orang yaitu Sdr. Widodo, Fredy Kurniawan, Miskun Susilo dan Hendy Dwi Setiawan. (*)

Komentar

Realita Lampung