oleh

Vaksinasi Serentak di Kecamatan Seputih Agung, Camat Memonitor Langsung

Lampung Tengah (RL) : Sebanyak 4 Kampung di Kecamatan Seputih Agung hari ini, Senin (11/10/2021) serentak menggelar kegiatan vaksinasi warganya. Ditengah membludaknya warga yang hadir untuk vaksin, kegiatan itu dimonitor langsung oleh Camat Seputih Agung

Ke 4 kampung yang menggelar kegiatan vaksinasi Covid-19 adalah Kampung Simpang Agung, Kampung Dono Arum, Kampung Edang Rejo dan Kampung Harapan Rejo. Karena ada keterbatasan jumlah dokter, vaksinasi warga Kampung Simpang Agung dipusatkan di Balai Kampung Dono Arum.

ANTUSIAS WARGA TINGGI
Kepala Kampung Harapan Rejo Hadi Suprapto mengatakan, antusiasme warga Kampung Harapan Rejo untuk divaksin sangat tinggi. Terbukti dari banyaknya warga yang hadir di balai Kampung Harapan Rejo untuk di vaksin.

Menurut Hadi Suprapto, kegiatan vaksinasi yang digelar di Balai Kampung setempat hari ini disiapkan sebanyak 300 vaksin. Vaksin yang berasal dari Dinas Kesehatan Pemerintah Kabupaten Lampung Tengah tersebut adalah vaksin tahap 1.

Ternyata animo warga Kampung Harapan Rejo untuk di vaksin sangat tinggi. Hingga pukul 10.00 wib, di daftar hadir tercatat ada 1000 orang warga yang yang ingin divaksin.

Dikatakan Hadi Suprapto, untuk mengatasipasi warga agar tidak kecewa pihaknya menghubungi Kampung Dono Arum untuk meminta tambahan vaksin. Kebetulan di diwaktu yang sama, Kampung Dono Arum sedang juga sedang menggelar kegiatan vaksinasi.

“Kami dapat tambahan 50 dosis vaksin dari Kampung Dono Arum,” jelasnya, saat ditemui di Kantor Kepala Kampung Harapan Rejo.

Dia melanjutkan, pihaknya berinisiatif untuk meminta tambahan jumlah vaksin untuk mengantisipasi agar warga tidak kecewa karena tidak kebagian vaksin. Kendati demikian, dia tidak menampik tambahan 50 vaksin tidak bisa mengcover semua warga yang hadir.

Ditempat terpisah, Kepala Kampung Endang Rejo Kecamatah Seputih Agung Krampes menuturkan, warganya yang hadir untuk divaksin melebihi ekpetasi. Kendati tidak mengatahui jumlah persisnya, diperkirakan ada 1000 orang warga yang hadir untuk divaksin.

“Jumlah 1000 orang itu tidak datang bersamaan,” jelas Krampes, saat ditemui di balai kampung setempat.

Diungkapkan Krampes, kouta vaksin untuk Kampung Endang Rejo pada mulanya disiapkan sebanyak 300 vaksin. Dengan pertimbangan tertentu, pihak Dinas Kesehatan Pemerintah Kabupaten Lampung Tengah (Pemkab Lamteng) mengurangi sebanyak 20 vaksin.

Menyadari banyaknya warga yang tidak mendapat jatah vaksin, pihaknya mencari solusi alternatif untuk menambah kouta vaksin. Akhirnya ditemukan solusi, Kampung Dono Arum memberikan jatah vaksinnya sebanyak 50 dosis.

TARGET DESEMBER SELESAI
Camat Seputih Agung Dedi AY disela kegiatan monitoring kegiatan vaksinasi mengatakan, hari ini jadual kegiatan vaksinasi di Kecamatan Seputih Agung digelar oleh 4 Kampung yakni Kampung Simpang Agung, Kampung Dono Arun, Kampung Endang Rejo dan Kampung Harapan Rejo.

Ditanya hal-hal yang perlu dibenahi berkaitan dengan pelaksanaan kegiatan vaksinasi, Dedi spontan menjawab antrian warga. Karena terjadi penumpukan warga saat mengantri untuk divaksin.

“Mohon kerjasama dengan Linmas setempat. Tiap saya hadir, InshaAllah sudah rapi semua,” ujarnya, saat sedang mengunjungi Kampung Endang Rejo.

Diungkapkan Dedi, hari ini kegiatan vaksinasi serentak dilaksanakan seluruh Kecamatan se-Kabupaten Lampung Tengah. Untuk hari Rabu, Kamis, Jum’at dan Sabtu ada jadual vaksinasi dari pihak Kabupaten Lampung Tengah. Hari minggu tidak ada jadual vaksinasi, karena hari itu pihak Tenaga Kesehatan (Nakes) beristirahat.

“Di hari senin berikutnya ada lagi. Jika masyarakat kondusif, pasti dijadualkan (kegiatan vaksinasi),” tegasnya.

Dedi berharap, seluruh aparat Kampung di Kecamatan Seputih Agung mendukung program vaksinasi yang sedang digalakkan oleh Pemkab Lamteng. Apalagi masyarakatnya sangat antusias ikut kegiatan vaksinasi.

Dedi mengakui, ada kendala keterbatasan jumlah dosis vaksin yang disediakan. Karena itu, Dedi meminta kepada para Kepala Kampung memberikan arahan kepada warganya agar bersabar.

“Target Pemerintah Kabupaten Lampung Tengah, Desember seluruh masyarakat Kabupaten Lampung Tengah sudah divaksin tahap-2,” pungkasnya. (Willy Dirgantara)

Komentar

Realita Lampung