oleh

Peran Aktif PMI Mendapat Apresiasi

Lampung Utara (RL) : Terus berperan aktif di bidang sosial khususnya kemanusia peran serta jajaran Palang Merah Indonesia (PMI) mendapatkan apresiasi dan tentunya ini akan terus meningkatkan kepercayaan dari semua kalangan terhadap keberadaan PMI yang terus ada ditengah-tengah masyarakat.

Seperti halnya kepercayaan yang diterima jajaran Unit Transfusi Darah (UTD) Palang Merah Indonesia Lampung Utara, ini dapat dilihat dari kegiatan yang berlangsung di SMA Negeri 3 Kotabumi, kemarin.

Dari hasil Musyawarah Kerja Kepala Sekolah Kabupaten Lampung Utara yang diketuai oleh Bambang Nopriadi ini, dalam momen menyambut Hari Guru Nasional yang sepakat menggandeng UTD PMI Lampung Utara dalam melaksanakan kegiatan gerakan 1000 kantong darah yang dilaksanakan di Aula SMAN 3 Kotabumi, Selasa 12 Oktober 2021.

“Didasari dari kepedulian akan kebutuhan darah di rumah sakit sangat besar dimasa Pandemi Covid 19 yang melanda 2 tahun ini. Untuk itu, melalui MKKS SMA dan SMK se – Lampung Utara mencoba membantu dengan menggelar aksi gerakan 1000 kantong darah ini. Karena darah ini menyangkut hidup manusia,” kata Bambang Nopriadi selaku Ketua Pelaksana Kegiatan tersebut.

Lebih lanjut Abeng sapaan Akrab Ketua MKKS Lampung Utara ini menyampaikan apresiasinya terhdap peran PMI khususnya PMI Lampung Utara dalam membantu pemerintah di upaya pencegahan Covid 19 di Kabupaten Lampung Utara yang terus memberikan pelayanan yang baik dalam setiap kegiatan khususnya pada pelaksanaan gerakan seribu kantong darah yang dilaksanakan jajaran dari Dinas Pendidik tersebut.

“Kami melihat, di bawah kepemimpinan Pak Budi Utomo selaku Ketua PMI Lampung Utara, PMI Lampung Utara sangat bagus. Kita doakan beliau selalu sehat sehingga PMI dapat lebih baik lagi,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua PMI Lampung Utara, Hi. Budi Utomo, SE, MM, diwakili Kepala UTD PMI, dr. Hj. Aida Fitriah, S.M. Kes, menyebut, bakti sosial yang digelar MKKS dalam rangka Hari Guru Nasional tahun 2021 sangat membantu pihaknya dalam memenuhi kebutuhan darah yang cukup besar.

“Kami, PMI Lampung Utara setiap hari tetap melakukan sosialisasi di tengah-tengah masyarakat tentang manfaat dari donor darah maupun proses pengolahannya di UTD PMI Lampung Utara. Sehingga masyarakat mendapat pemahaman yang tepat dan tidak perlu takut untuk mendonorkan darahnya,” ucap Aida.

Pantauan di lokasi kemarin, antrian pendonor pemula dan pendonor tetap yang datang dari kalangan siswa umur diatas 17 tahun, mahasiswa,TNI,Polri,relawan,serta insan Pers terlihat antri di meja pendaftaran sejak pukul 07:00 WIB. Setelah menjalani pemeriksaan kesehatan oleh petugas UTD PMI lampung utara, pendonor diarahkan untuk melaksanakan transfusi darah di tempat yang telah disediakan. Selanjutnya pendonor mendapat suplemen pengganti dari UTD PMI Lampung Utara.

Dari kegiatan gerakan 1000 kantong darah terkumpul sebanyak 103 kantong darah dari 115 pendonor yang terdaftar. Sebanyak 12 pendaftar tidak dapat melaksanakan transfusi darah dikarenakan berbagai faktor.

“Kami sangat mengapresiasi kegiatan gerakan 1000 kantong darah oleh MKKS lampung utara,alhamdulillah 103 kantong darah diperoleh dalam kegiatan kemarin,dan kegiatan tersebut akan bergulir setiap harinya untuk mencapai target pemenuhan kebutuhan darah masyarakat lampung utara,” tutup Aida. (IN/*)

Komentar

Realita Lampung