oleh

WBP Rutan Kotaagung Lomba Tahfidz dan Adzan

Tanggamus (RL) : Pada momen peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW tahun ini, jajaran petugas Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kotaagung Kabupaten Tangamus bersama warga binaannya menggelar Lomba Tahfidz Qur’an dan Adzan yang diikuti puluhan warga binaan.

Perlombaan ini dibuka langsung oleh Kepala Rutan Kotaagung, Akhmad Sobirin Soleh didamping Kasubsi Pelayanan Tahanan JM Prameswari dan Ka. KPR Boynaldo, turut hadir Ustad Umar Syarif Hidayatullah selaku Petugas Bina Rohani Islam dari Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tanggamus yang di dapuk sebagai Dewan Juri, bersama 2 orang Petugas Rutan Andi Firmanto dan Ronaldo Nazario.

Menurut Prameswari selaku Ketua Panitia kegatan tersebut, lomba ini diikuti oleh 24 warga binaan yang dipilih sebagai perwakilan terbaik dari masing-masing kamar hunian.

“Kedua puluh empat warga binaan ini adalah mereka yang selama ini telah aktif mengikuti program pembinaan keagamaan melalui majelis taklim Attaubah Rutan Kotaagung yang dilaksanakan pada hari Senin sampai Jumat setiap minggunya. Lomba ini juga sebagai tolak ukur keberhasilan pembinaan keagamaan serta apresiasi bagi warga binaan yang telah aktif mengikuti pembinaan,” kata Prameswari.

Kepala Rutan Kotaagung, Akhmad Sobirin Soleh dalam sambutannya menyampaikan, bahwa kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Darmakarya Dika yang jatuh pada 30 Oktober nanti, sekaligus Maulid Nabi Muhammad SAW.

Sobirin berpesan, bahwa dalam perlombaan ini bukan menang atau kalah yang dikedepankan, melainkan sikap mengamalkan ilmu yang telah didapat selama mengikuti majelis taklim serta mempererat tali silaturahmi antar wargabinaan dan petugas.

“Untuk lomba tahfidz ada tiga Aspek yang dinilai yakni tajwid, kelancaran hafalan, serta kemampuan sambung ayat. Sementara untuk lomba adzan juga ada 3 aspek yakni makhraj, irama, adab. Semoga melalui lomba ini seluruh warga binaan semakin tertanam rasa cinta terhadap Al-qur’an dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari,” ungkap Sobirin.

Diakhir perlombaan, diperoleh 2 pemenang lomba tahfidz yakni atas nama Widiyanto Bin Kamino dari kamar B1 dengan nilai 270 sebagai Juara Pertama dan Wisnu Bin Supri dari Kamar B4 dengan nilai 265 sebagai juara kedua. Sementara untuk lomba Adzan Juara Pertama diraih oleh Sumarjono Bin H. Satimin dari kamar A3 dengan Nilai 285, dan Juara kedua diraih oleh Asep Hendra Saputra Jaya Bin Baudin Dari Kamar B1 Dengan Nilai 275. (Rls/*)

Komentar

Realita Lampung