oleh

Anggota DPRD Sosialisasi Perda, Pengusaha Muda Beri Motivasi Pelaku UMKM

Lampung Utara (RL) : Anggota DPRD Provinsi Lampung menggelar sosialisasi Peraturan Daerah (Perda) Nomor 3 tahun 20216 tentang perlindungan dan pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah.

Kegiatan sosialisasi Perda perlindungan pemberdayaan UMKM ini berlangsung di Aula Kantor Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kabupaten Lampung Utara yang ada di wilayah Kelurahan Tanjung Harapan, Kecamatan Kotabumi Selatan tepatnya di bilangan Jalan Soekarno Hatta Kotabumi.

Dalam kegiatan ini, H. Mardani Umar, SH, MH, Anggota DPRD Provinsi Lampung menyampaikan, sesuai dengan Peraturan Daerah Provinsi Lampung Nomor 3 tahun 20216 tentang Perlindungan dan Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah, kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan dan mengundang perwakilan masyarakat sebagai pelaku UMKM.

Disampaikannya, bahwa salah satu tugas Anggota Dewan, ya itu sesuai di bidangnya masing-masing, seperti di Komisi I yang membidangi tentang pemerintahan hukum keamanan pertahanan, Komisi II ekonomi, Komisi III keuangan, Komisi IV pembangunan, Komisi V kesejahteraan.

Lebih lanjut, Mardani Umar mengatakan, bahwa sosialisasi yang dilaksanakannya itu merupakan kegiatan pembelajaran dan motivasi sekaligus bersilaturahmi dirinya dengan masyarakat Lampung Utara.

“Saya akan berusaha mendukung kemajuan UMKM khususnya di Kabupaten Lampung Utara sehingga pelakunya dapat terus mengembangkan usahanya menjadi besar,” ujarnya.

Perlindungan dan pemberdayaan UMKM meliputi pembinaan kelembagaan, untuk memajukan suatu usaha dibutuhkan pembinaan kelembagaan.

Selian itu diperlukan pengembangan SDM, fasilitas pembiayaan permodalan serta lenerapan teknologi untuk memajukan usaha, pengembangan produktif usaha, fasilitasi pemasaran dan promosi untuk menjangkau wilayah lebih luas, diperlukan perlindungan usaha serta fasilitas hak atas kekayaan intelektual.

Dalam kegiatan itu juga, Mardani Umar menyerahakan secara simbolis buku tentang Peraturan Daerah yang diserahkan kepada peserta UMKM di kabupaten setempat.

Di momen kegiatan itu juga, Andi salah seorang pengusaha muda asal Bandar Lampung yang sudah dapat dikatakan berhasil diusahanya membagi cerita dan pengalamannya yang dia mulai dari bawah bersama istrinya.

Cerita diawaliny ketika dia membuka toko berukuran kecil yang menjual pakaian kebutuhan sehari-hari, lalu kata Andi, kami mencoba membuka untuk yang pertama Nibras house se-Lampung yang Allhamdulilah se-Provinsi Lampung total keseluruhan mitra kami mencapai 70 toko sebagai mitra, dan ini kami jalani dan kami terus melakukan pengembangan untuk memajukan usaha kami, ujarnya.

Dalam memajukan bisnis usaha kita, lanjutnya, kita harus optimis memajukan usaha, mempelajari dari kesalahan, yakin lah jika kita berusaha dan berdo’a Allah akan mengambulkan apa yang kita inginkan, usaha tidak akan mengkhianati hasilnya, oleh karrna itu teruslah belajar untuk memajukan usaha kita, sehingga dapat menciptakan lowongan kerja bagi orang banyak yang memiliki skill dan kemampuan serta kamauan untuk maju sampai sukses.

“Pada saat kondisi menurun kami terus berupaya dan bersabar, karena kami yakin jika ingin sukses itu tidaklah mudah, jika terjatuh maka bangkit lagi, jika ingin sukses itu butuh pembelajaran mencari ilmu pengetahuan kesabaran serta do’a, harus selalu berpikiran optimis harus berpikiran maju, usaha boleh kecil tapi mimpi kita harus besar,” ucapnya. (Budi Irawan)

Komentar

Realita Lampung